Monday 26 September 2022
spot_img

Uji KIR Curang, Mati Kutu dengan Cara Ini

UJI – Petugas memeriksa kondisi ban kendaraan saat menggelar uji KIR. Kabupaten Sidrap menerapkan sistem elektronik untuk mencegah kecurangan dalam proses uji ini. (IST)

CELEBESTERKINI.com, Sidrap – Banyaknya kecurangan yang terjadi dalam proses uji kelayakan kendaraan atau Uji KIR, diantisipasi dengan menggunakan teknologi. Cara ini membuat pelaku kecurangan bakal mati kutu karena tak bisa lagi melancarkan aksinya.

Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang menempuh cara itu untuk meminimalkan kecurangan yang biasa terjadi karena kontak antara pemohon dengan petugas. Dinas Perhubungan (Dishub) Sidap menerapkan Bukti Lulus Uji secara Elektronik (BLU-e). Penerapan BLU-e sudah dilanuching, awal peka ini di Kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Jl. Poros Parepare Terminal Lawawoi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Andi Faisal Ranggong menyatakan, dengan penerapan BLU-e, dapat memudahkan mengontrol kondisi kendaraan dan kesesuaian kapasitas muatannya. “Sistem elektronik ini akan menjadikan pelayanan kepada masyarakat lebih efisien dan efektif,” ucapnya.

Sementara Kadis Perhubungan, H. Labengnga, mengatakan, BLU-e menggunakan sistem smart card yang lebih mudah dan efektif. Sebab, seluruh database kendaraan tersimpan secara elektronik dan dapat dibaca melalui aplikasi cek kir, baik secara online maupun offline melalui Near File Communication (NFC).

Kendaraan yang telah diuji kir, lanjutnya, akan mendapatkan sertifikat data teknis kendaraan, stiker berhologram dengan barcode serta terdapat nomor ujinya. “Setiap wajib uji KIR akan dibekali smart card, tidak pakai lagi buku uji dan buku induk. Setiap kendaraan yang datang nanti menukar buku uji kirnya dengan kartu smart card,” ucap Labengnga.

Ia menambahkan, perubahan layanan KIR itu tidak hanya kepada kendaraan lama. Kendaraan baru, mutasi, perpanjangan uji KIR (berkala) juga bisa mendapatkan smart card KIR sebagai pengganti buku lulus uji. “Ini merupakan kebijakan nasional melalui program Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub. Tujuan utamanya, yaitu untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam melakukan uji KIR,” paparnya. (*/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru