Saturday 10 December 2022
spot_img

TPS Bertambah, Beban Caleg dan Negara Bertambah

  • NURMAL IDRUS – Perangkat pemenangan di TPS harus bertambah seperti saksi dan petugas TPS lainnya yang dibentuk oleh caleg dan partai. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Direktur Nurani Strategic, Dr. Nurmal Idrus, MM, berpendapat penambahan TPS di Pemilu akan besar pengaruhnya bagi parpol dan terutama calon anggota legislatif (Caleg). “Secara umum, itu menambah beban energi dan dana bagi parpol dan calegnya. Perangkat pemenangan di TPS harus bertambah seperti saksi dan petugas TPS lainnya yang dibentuk oleh caleg dan partai,” katanya.

Dalam hitung-hitungan Nurmal, penambahan satu TPS itu berarti adanya penambahan biaya dalam rentang Rp 300.000 – Rp 2.000.000. “Taruhlah satu saksi dihonor Rp 250.000 ditambah makan minum mereka. Itu belum lagi jika parpol dan caleg membentuk saksi tambahan dan juga tim TPS bentuk lain,” tambahnya.

Tak hanya parpol dan caleg, mantan Ketua KPU Makassar ini mengatakan penambahan TPS juga akan berimplikasi besar pada pengeluaran negara untuk mendanai pendirian TPS. “Negara harus menambah berjuta-juta. Minimal Rp 7 juta harus ditanggung negara untuk penambahan satu TPS,”
katanya.

Namun, Nurmal mendukung rencana penambahan TPS itu. Alasannya, akan membuat petugas TPS lebih punya waktu yang luang untuk melakukan rekapitulasi suara yang selama ini menjadi masalah di Pemilu. “Penambahan TPS mesti diikuti oleh pengurangan jumlah pemilih dalam TPS. Kalau bisa, maksimal 200 orang saja per TPS. Itu akan membuat petugas TPS menjadi lebih tenang dan leluasa dalam melakukan rekap,” katanya. (sahrul)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru