Saturday 10 December 2022
spot_img

Terungkap, Soppeng Punya Duit Sebanyak ini di Bank Sulselbar. Jadi Pemegang Saham Kelima Terbesar

  • BANK SULSELBAR – Pemkab Soppeng ternyata masuk salah satu pemegang saham pengendali di Bank Sulselbar. Puluhan miliar dananya tersimpan di Bank ini. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Pemerintah Kabupaten Soppeng ternyata menanamkan dana yang tergolong besar di bank milik Pemprov Sulsel, Bank Sulselbar.

Plt Direktur Utama PT. Bank Sulselbar, H. Yulis Suandi, mengatakan Soppeng menjadi pemegang saham terbesar kelima di bank plat merah ini. “Kita mengapresiasi Kabupaten Soppeng karena menjadi pemegang saham kelima terbesar di Bank Sulselbar. Hal itulah yang mendasari kami menunjuk daerah ini sebagai tuan rumah percepatan akses keuangan daerah oleh
Otoritas jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua),” katanya disela-sela peninjauan klaster UMKM sektor Industri Binaan PT. Bank Sulselbar Cabang Soppeng “Kampung Sabbeta” di Desa Pising, Kec. Donri-Donri, Selasa (09/08/2022)

Yulis tak menyebut besaran dana Soppeng yang tersimpan di Bank Sulselbar. Namun, data terakhir yang diperoleh Celebesterkini.com, saat
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2018 dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT. Bank Sulselbar tahun 2019 bertempat di Macora Ballroom The Rinra Hotel, Makassar, Selasa, (23/4/2019), Soppeng disebut memiliki dana lebih dari Rp 55 M. Soppeng hanya kalah banyak dari Pemprov Sulsel, Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Kab. Luwu Timur, dari 33 daerah yang memegang saham.

Kepala Otoritas jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua), Darwisman mengakui potensi besar yang dimiliki Soppeng terutama di sektor pertanian dan industri kreatif. “Sebagaimana diketahui bersama bahwa Soppeng adalah kabupaten yang kaya raya dan banyak potensi yang ada didalamnya salah satunya adalah tempat kita berada sekarang yaitu kampung sutera yang memiliki kualitas yang luar biasa. Tak hanya itu terdapat pula potensi wisata yang dapat mendorong ekosistem pariwisata di Soppeng dan berbagai potensi lainnya,” ujarnya.

Pengajar ilmu ekonomi dan manajemen di Universitas Lamappapoleonro (Unipol), Dr. Nurmal Idrus, MM, mengatakan posisi Soppeng sebagai salah satu pemegang saham pengendali di Bank Sulselbar itu harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha terutama UMKM di daerah ini. “Peluang ini harus dimanfaatkan betul karena dengan menjadi pemegang saham mayoritas, Soppeng bisa meminta lebih banyak. Salah satunya dengan opsi meminta lebih banyak modal usaha untuk UMKM di Soppeng,” katanya.

Menurut pengusaha perhotelan ini, peluang itu harus disambut dengan cepat supaya dana besar asal Soppeng itu tak malah lebih banyak digunakan pengusaha daerah lain. “Jangan sampai dana besar itu lebih banyak digunakan pengusaha daerah lain. Untuk itu, sinergitas harus ditingkatkan, melibatkan pihak Pemkab, Bank Sulselbar Soppeng sendiri dan pengusaha UMKM yang membutuhkan modal usaha,” tutupnya. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru