Tuesday 27 September 2022
spot_img

Terobosan Langka Prof. Husain Syam, Jas Almamater UNM Dijahit Napi

JAS – Rektor UNM Prof. Husain Syam, menempuh terobosan berani dan cerdas. Ia menyerahkan pembuatan jas almamater UNM kepada para narapidana di Lapas Makassar. (IST)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Terobosan inovatif dan langka ditempuh Universitas Negeri Makassar (UNM). Lewat inisiatif Rektor UNM, Prof Husain Syam, kampus dengan ikon Menara Phinisi ini memutuskan seluruh jas almamater yang selama ini dipakai oleh mahasiswa dan civitas akademika lainnya, diproduksi oleh para narapidana yang merupakan warga binaan di Lapas Kelas 1 Makassar.

Untuk tahap pertama, program yang berlabel pemberdayaan penghuni lapas akan dikerjasamakan dengan memesan sebanyak 2.000 jas almamater. Jika sukses, terobosan ini akan menjadi pilot project kerjasama serupa antara lembaga pemasyarakatan dengan kampus.

Prof. Husain Syam mengatakan bahwa kerja sama ini adalah bentuk nyata Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam memberikan kontribusi terhadap para warga binaan lapas kelas 1 Makassar. “Kami berharap dengan kerja sama ini para warga binaan yang sudah diberikan keterampilan menjahit dapat lebih produktif agar nantinya ketika sudah keluar dari lapas dapat melanjutkannya diluar sebagai suatu keterampilan yang bernilai ekonomi,” ujarnya.

Guru besar kelahiran Polman, Sulawesi Barat ini menambahkan bahwa kerjasama antara UNM dan Lapas Kelas I Makassar bisa ditingkatkan diberbagai aspek, sehingga terus bisa bersinergi. “Ini kerjasama yang baik, bukan hanya hal ini, masih banyak hal lain yang bisa kita kerjasamakan, ada mahasiswa psikologi ada lembaganya kita melakukan assessment supaya tetap pada posisi dimana ia dibina,” kata Husain yang banyak disebut-sebut bakal maju dalam pencalonan Gubernur Sulbar 2024 mendatang.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulsel, Harun berterimakasih kepada UNM karena sudah mempercayakan pembuatan almamater kepada warga binaan permasyarakatan Lapas Kelas I Makassar. “Kantor wilayah kemenkuham berterima kasih kepada bapak Rektor UNM, yang sudah memesan 2.000 almamater, sekarang sudah selesai hampir 500. Ini kebanggaan bagi kami,” ungkapnya.

Harun menjamin produksi almamater UNM dikerjakan dengan teliti dan rapi, sehingga dari sisi kualitas tidak kalah dengan almamatar yang sebelumnya. “Produk jaket ini dalam pengawasan quality kontrol yang baik, Insya Allah mutunya di atas jas almamater yang dicontohkan. Kita berharap kedepan makin banyak sinergi yang positif. Kita juga sudah membuat Mou tentang kekayaan intelektual”. terangnya. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru