Tuesday 06 December 2022
spot_img

Ternyata, Ini Alasan PSBB Makassar Lanjut

FOTO: Pj. Walikota Makassar, Doktor Iqbal Suhaeb, menemui warga yang diisolasi di Hotel Swiss Bell Pantai Losari, Rabu (6/5/2020). Iqbal menyampaikan alasan perpanjangan PSBB. (humaspemkot)




CELEBESTERKINI.com, Makassar – Banyak yang heran mengapa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Makassar harus dilanjutkan ketahap kedua.

Sebagian pihak menilai terutama anggota DPRD Makassar bahwa PSBB tahap pertama gagal dan untuk itu tak perlu lagi ada tahap kedua.

Namun, tak banyak yang mengetahui ternyata parameter positif selama PSBB 24 April – 7 Mei 2020, banyak diraih kota ini sehingga diputuskan berlanjut. Walikota Makassar telah memohon perpanjangan PSBB ke Menkes dan jika disetujui, maka PSBB II akan berjalan hingga 21 Mei 2020.

Pj. Walikota Makassar, Doktor Iqbal Suhaeb menyebut data menggembirakan terkait penangan Corona di Makassar menjadi alasan terkuatnya.

Iqbal membeberkan hasil evaluasi angka peningkatan jumlah pasien positif sebelum PSBB mencapai 70 persen dan saat hari ke-10 PSBB angkanya tersisa 28 persen. “Demikian pula angka kesembuhan, jika sebelum PSBB angka kesembuhan sekitar 16 persen, setelah masa PSBB angka kesembuhan cukup tinggi sekitar 80 persen. Angka kematian, sebelum PSBB itu angka persentasenya 8 persen, selama PSBB angka kematian hanya 6 persen,” katanya. Atas dasar itulah, PSBB harus dilanjutkan untuk semakin memperkeras tekanan pada penyebaran Corona.

Maka, untuk tahap kedua ini, menurut Iqbal akan difokuskan pada pembangunan Social Engineering ditengah masyarakat Kota Makassar. “Ditahap kedua ini kita akan fokuskan pada pembangunan Social Engineering yakni gerakan perubahan sosial secara terencana ditengah masyarakat untuk memulai hidup normal baru. Perubahan pola prilaku sesuai protokol kesehatan. Jadi pola penindakan di tahap kedua nanti lebih humanis, karena kita lihat sebagian warga kita sudah paham apa itu PSBB dan bagaimana pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” ujar Iqbal saat diminta keterangan sejumlah wartawan usai menemui sejumlah warga pulau yang melakukan isolasi di Hotel Swiss Bell Makassar, Rabu (6/5/2020).

Selain itu menurut Iqbal alasan perpanjangan ini untuk menghindari terjadinya eforia dari masyarakat yang akan kembali berbaur karena menganggap penyebaran virus ini sudah selesai. Ini bisa memicu terjadinya peningkatan kembali angka penyebaran sehingga Iqbal mengangap perlu waktu sedikit lagi untuk membangun social engineering sehingga tercipta new normal.

“PSBB yang sedang berlangsung cukup berhasil menurunkan angka kematian, mengurangi angka penyebaran, termasuk meningkatkan angka pasien yang sembuh” jelasnya. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru