Sunday 25 September 2022
spot_img

Ternyata, Hakim Agung tak Masuk OTT KPK

  • KONFERENSI KPK – Dari berbagai sumber yang dikutip Celebesterkini.com, 10 orang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Namun, hanya enam orang yang terkena jerat OTT. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Jakarta – KPK menetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati sebagai tersangka kasus suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung. Namun ternyata, sang hakim agung sama sekali tak masuk dalam orang yang kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK sejak Rabu (21/9).

Dari berbagai sumber yang dikutip Celebesterkini.com, 10 orang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Namun, hanya enam orang yang terkena jerat OTT. Empat lainnya, termasuk Hakim Agung Sudrajad Dimyati tak masuk dalam daftar OTT.

KPK mengakui bahwa Hakim Agung Sudrajat tak masuk yang ditangkap dalam OTT itu. Ketua KPK Firli Bahuri menyebut ada 8 orang yang diamankan dalam OTT di Jakarta dan Semarang. Namun empat orang tersangka, termasuk Sudrajad Dimyati, tak termasuk di dalamnya.

Firli baru berencana menangkapnya, hari ini. Ia mengingatkan Sudrajad dan 3 tersangka lain untuk kooperatif dengan proses hukum. Mereka ialah Sudrajad Dimyati, Redi, Ivan Dwi Kusuma Sujanto, dan Heryanto Tanaka “Bagi yang belum ditangkap ada 4 orang, segera kita tangkap,” kata Firli Bahuri dalam konferensi pers di kantornya, Jumat dini hari (23/9).

Meski demikian, Firli meyakini para tersangka akan kooperatif untuk datang sendiri ke KPK guna menyerahkan diri. Terlebih KPK sudah mengumumkan resmi mengenai kasus ini. “Tentu sebagai warga negara yang baik, saya kira dia tahu diumumkan sekarang besok berduyun-duyun ramai datang semua, kalau endak ya kita cari,” kata Firli.

Firli menjelaskan bahwa kasus ini terkait dengan dugaan suap pengurusan perkara di MA untuk pengkondisian putusan kasasi.

Berawal ketika adanya laporan pidana dan gugatan perdata terkait dengan aktivitas dari koperasi simpan pinjam Intidana di Pengadilan Negeri Semarang. Gugatan diajukan Heryanto Tanaka dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto selaku debitur dengan diwakili melalui kuasa hukumnya yakni Yosep Parera dan Eko Suparno. Gugatan itu berlanjut kepada tingkat kasasi di MA.

Yosep dan Eko kemudian melakukan pertemuan dan komunikasi dengan beberapa pegawai di Kepaniteraan Mahkamah Agung yang dinilai mampu menjadi penghubung hingga fasilitator dengan Majelis Hakim. “Yang nantinya bisa mengkondisikan putusan sesuai dengan keinginan YP (Yosep Parera) dan ES (Eko Suparno),” kata Firli.

Adapun pegawai yang bersedia dan bersepakat ialah Desy Yustria (PNS pada Kepaniteraan Mahkamah Agung) dengan imbalan pemberian sejumlah uang. Desy kemudian diduga mengajak Elly Tri Pangestu (Hakim Yustisial/Panitera Pengganti Mahkamah Agung) dan Muhajir Habibie (PNS pada Kepaniteraan Mahkamah Agung) sebagai penghubung penyerahan uang kepada hakim. “DS (Desy Yustria) dkk diduga sebagai representasi dari SD (Sudrajad Dimyati) dan beberapa pihak di Mahkamah Agung Agung untuk menerima uang dari pihak-pihak yang mengurus perkara di Mahkamah Agung,” kata Firli.

Total uang yang diserahkan tunai oleh Yosep Parera dan Eko Suparno ialah sekitar SGD 202 ribu atau setara Rp 2,2 miliar. Uang kemudian dibagi-bagi:
Desy Yustria menerima Rp 250 juta
Muhajir Habibie menerima Rp 850 juta
Elly Tri Pangestu menerima Rp 100 juta
Sudrajad Dimyati menerima Rp 800 juta
“Dengan penyerahan uang tersebut, putusan yang diharapkan YP dan ES pastinya dikabulkan dengan menguatkan putusan kasasi sebelumnya yang menyatakan KSP ID pailit,” kata Firli.
Merujuk situs MA, kasasi itu tercatat dengan nomor perkara 874 K/Pdt.Sus-Pailit/2022. Sudrajad Dimyati duduk sebagai anggota majelis bersama dengan Hakim Agung Ibrahim. Sementara Ketua Majelis dipimpin Hakim Agung Syamsul Ma’arif.

Dalam putusan pada 31 Mei 2022, kasasi atas kepailitan itu dikabulkan oleh majelis.
Belum ada pernyataan dari MA atau Sudrajad Dimyati mengenai kasus ini. Sebelumnya, juru bicara MA Andi Samsan mengaku masih menunggu keterangan resmi dari KPK. (ist/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru