Saturday 10 December 2022
spot_img

Tenang Soppeng, Menkes Pastikan Corona Tak Terkait Kelelawar

Foto: Ribuan kelelawar bergelantungan di pohon-pohon pusat Kota Watansoppeng. (kompas)

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan
virus Corona tidak ada kaitannya dengan hewan kelelawar. “Tidak ada, hoax itu. Dikaitkan dengan kelelawar segala. Tidak ada itu,” katanya saat ditemui dalam kunjungannya di Makassar, Minggu lalu.

Sebelumnya sempat merebak kekhawatiran bahwa kelelawar menjadi penyebar utama virus mematikan itu. Hal itu pula yang membuat warga Kota Watansoppeng menjadi was-was. Pasalnya, selama ini kota kecil nan sejuk ini menjadi tempat menetap ribuan kelelawar. Hewan ini bergelantungan sepanjang hari di banyak pohon di kota ini. Selama ratusan tahun, hewan itu hidup berdampingan dengan warga Soppeng tanpa diusik.

Dari Makassar Terawan juga menyatakan belum ada ditemukan satu pun kasus virus Corona di Indonesia. “Enggak ada yang di-suspect (dicurigai terkesan virus Corona),” ujarnya kepada wartawan usai mengikuti acara Ramah Tamah dan Silaturahim di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Terawan memastikan, pemerintah sudah siap menghadapi dan mengantisipasi segala kemungkinan tentang ancaman virus Corona. “Sudah siap semua. KKP (kantor kesehatan pelabuhan), sudah siap semua,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Naysiah Tun Azikin, membantah isu yang berkembang dan menyebut Rumah Sakit Wahidin sedang menerima pasien yang tertular virus Corona.

Dia menyebut, memang ada pasien ke Rumah Sakit Wahidin, Sabtu kemarin dan memeriksakan diri karena khawatir tertular virus Corona sebab yang bersangkutan diketahui baru pulang kunjungan dari China.

“Setelah petugas rumah sakit melakukan pemeriksaan, ternyata bukan (virus corona). Pasien ini hanya terkena ISPA (inpeksi saluran pernapasan),” terang Naisyah. (mg2)
 

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru