Saturday 10 December 2022
spot_img

Tak Mau Dibohongi, Lihat Cara Kades Ini Periksa Hasil Pekerjaan Fisik Proyek Desa

FOTO: Kades Labokong, H.A.Mattalatta, turun langsung memeriksa hasil pekerjaan fisik di desanya, Selasa (3/3). (istimewa)

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Penggunaan dana desa yang serampangan seringkali menyebabkan timbulnya masalah hukum. Pengawasan yang tak ketat, menjadi salah satu penyebabnya.

Menyadari hal itu, cara kepala desa ini dalam mengantisipasi masalah seperti itu patut dicontoh. Adalah Kepala Desa Labokong, Kecamatan Donri Donri, Kabupaten Soppeng, H. A. Mattalatta, punya cara sendiri mengatasi potensi masalah. Dia melakukan pengawasan melekat terhadap semua penggunaan dana desa di wilayahnya terutama progran fisik. “Untuk program fisik saya tak kompromi. Pengawasan harian saya lakukan dengan sistem monitoring langsung di lapangan,” katanya.

Pemeriksaan atas fisik proyek tak ia lakukan setelah pekerjaan selesai. “Tetapi setiap tahap proyek dilakukan pemeriksaan seperti pengukuran volume, kesesuaian spesifikasi. Kalau proyek baru selesai baru diperiksa lalu ada volume yang kurang, tentu sulit lagi dibongkar lagi,” katanya.

Seperti yang dilakukannya pada, Selasa (3/3) ini. Ia mengajak pendamping lokal desa, Asriadi, untuk melakukan pemeriksaan fisik proyek talud lapangan sepakbola di desanya. Dalam foto yang dikirim, kades yang dikenal ramah ini terlihat dengan seksama mengukur volume fisik. Ia tak membiarkan tukang menyelesaikan pekerjaannya hari itu saat ada kekurangan fisik proyek. (mg3)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru