Tuesday 06 December 2022
spot_img

Tak Mau Ada Tertinggal, BPBD Soppeng Hati Hati Dalam Menentukan Data Terdampak Banjir

Evakuasi korban banjir oleh Tim TRC di Soppeng

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Soppeng mengaku pihaknya berkonsentrasi dalam menangani dampak bencana banjir di Soppeng, Sabtu dan Minggu lalu. Mereka tak mau ada warga terdampak yang tak tertangani dan tak masuk
data terdampak. Itulah mengapa data sementara terkait dampak kerusakan bencana itu masih belum dirilis.

Kepala Pelaksana BPBD Soppeng, Sahrani, menyatakan dirinya sudah mempunyai data tetapi masih sementara menyempurnakannya agar tak terjadi kesalahan dalam menyalurkan bantuan nantinya. “Kita tak ingin ada warga yang terdampak tertinggal. Data akan sangat mempengaruhi. Jangan sampai data kita tak sempurna,” ujarnya.

Faktor luasnya daerah terdampak juga menjadi alasan. “Ada beberapa wilayah yang kita masih lihat kebenaran laporannya. Sekali lagi kita tak mau ada yang tertinggal,” tambahnya.

Sementara itu dari BPBD Sulsel diperoleh data sementara mengenai dampak banjir beberapa waktu lalu. Rumah yang rusak ini terdiri dari 340 rumah rusak berat, 518 rusak sedang, dan 2.396 rumah rusak ringan.

“Peristiwa bencana banjir, angin kencang, dan angin puting beliung, terjadi di Sulsel. Peristiwa ini berdampak ke 17 daerah. Dari laporan bencana alam menelan dua korban jiwa. Masing-masing satu orang di Kabupaten Barru, dan Kabupaten Soppeng,” ujar Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah seperti ditulis Tagar melalui keterangan resminya, Selasa 14 Januari 2020.

Nurdin menambahkan, akibat dari bencana yang terjadi di Sulsel tidak hanya mengakibatkan kerusakan rumah, akan tetapi juga 5.102 jiwa terdampak. Bahkan akibat dari bencana ini, sebanyak 15 sekolah, rumah ibadah, sarana kesehatan, dan lahan sawah warga berjumlah 3.205 hektare (Ha) juga terdampak. (int/mal)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru