Tuesday 27 September 2022
spot_img

Tak Masuk Zona PPKM Darurat, Cara DP Menangani COVID19 Makassar Menenangkan

LAUNCHING MAKASSAR DETEKTOR – Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menyebut satgas itu dibentuk untuk menscreening dan memonitoring kesehatan warga Kota Makassar. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Provinsi Sulsel dan Kota Makassar khususnya tak masuk dalam zona penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hanya di Pulau Jawa dan Bali yang mengalaminya dalam rentan 3 – 20 Juli 2021.

Namun itu tak membuat Pemkot Makassar mengendorkan perlawanannya pada pandemi covid19. Jumat, 2 Juli 2011, Pemkot melaunching Satuan Tugas (Satgas) Detektor di Lapangan Karebosi.

Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menyebut satgas itu dibentuk untuk menscreening dan memonitoring kesehatan warga Kota Makassar. “Satgas Detektor berisi para relawan, nakes dan dokter yang akan mengecek kondisi kesehatan warga. Yang kemudian datanya akan diinput kedalam aplikasi makassar recover selanjutnya dihimpun ke command center untuk dipetakan tingkatan gejalanya,” katanya.

Tak sampai disitu, dari hasil pemetaan status kesehatan para warga akan mendapatkan perawatan khusus sesuai dengan gejala yang dialami. “Mereka akan melakukan screening dengan pemeriksaan GeNose kepada seluruh warga Kota Makassar. Satgas juga dibekali alat kesehatan berupa alat pelindung diri, tensimeter, termometer, saturasi oksigen juga suplemen dan obat obatan,” tambahnya.

Suasana launching Satgas Detektor yang gambarnya di ambil dari atas di Lapangan Karebosi, Jumat.

Warga Makassar menyambut baik usaha itu. “Mungkin tak terlalu terasa dampaknya, tapi itu menenangkan kita. Daripada membatasi aktivitas sana sini,” kata Rahyuddin, warga Makassar yang ditemui di sebuah Warkop di kawasan Topaz Raya, Jumat sore.

Direktur Nurani Strategic, Dr. Nurmal Idrus, MM, menilai upaya Pemkot Makassar itu secara tak langsung menaikkan semangat warga Makassar dalam menghadapi serangan pandemi. “Yang paling penting tentu kita merasa pemerintah hadir dalam situasi sulit ini. Itu sangat perlu untuk menjaga semangat kita semua dalam menghadapi pandemi,” katanya.

Ia berharap warga Kota Makassar terus memberikan dukungan kepada setiap kebijakan Pemkot Makassar itu. “Jangan sampai kita kembali ke zona merah dan semua kembali dibatasi. Kita perlu memberikan dukungan riil di lapangan,” katanya. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru