Saturday 10 December 2022
spot_img

Tahun Ini, RSUD La Temmamala Soppeng Sanggup Tangani Pasien Corona

Foto: Salah satu fasilitas ruang isolasi khusus di sebuah rumah sakit. Tahun 2020 ini fasilitas seperti ini akan ada di RSUD La Temmamala Soppeng.

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Langkah lebih maju kembali dilakukan manajemen RSUD La Temmamala. Tahun 2020 ini, rumah sakit satu-satunya di Kabupaten Soppeng ini memastikan bisa menangani pasien suspect virus corona.

Tahun 2020 ini rumah sakit yang berlokasi di Jalan Malaka Raya Kota Watansoppeng akan menbangun ruang isolasi khusus dengan tekanan 0. “Tahun 2020 ini kita akan membangun ruang isolasi khusus dengan tekanan 0. Artinya, kita sudah mampu menangani beberapa penyakit yang memerlukan ruangan dengan isolasi yang bisa diatur tekanan negatif atau positif,” kata Direktur RSU LTM, dr. Nirwana, di Soppeng, Senin (4/2).

Ruangan khusus akan disiapkan tak hanya untuk suspect corona tetapi juga untuk pasien dengan infeksi lain seperti flu burung. Ruangan ini semua berspesifikasi standar respiratory high care unit (RHCU) seperti yang berada di rumah-rumah sakit besar.

Menurutnya, beberapa sarana akan ada di ruangan tersebut baik medis dan nonmedis. Untuk medis, dia mencontohkan baju steril, kacamata khusus, dan masker khusus. Selain itu, akan dipersiapkan kamar jenazah khusus pasien terinfeksi Coronavirus. “Pasien tidak dibawa ke mana-mana, tapi semuanya mendekat ke pasien. Kalaupun ada pasien yang masuk ke rumah sakit ini tidak menularkan (ke orang lain). Jadi betul-betul ada standar yang harus kita ikuti,” jelas Nirwana.

Badan Pengawas RSUD La Temmamala, Dr. Nurmal Idrus, mendukung langkah itu. “Tentu ini sebuah kemajuan karena kita akan menjadi rumah sakit rujukan untuk beberapa kasus infeksi yang sulit ditangani di rumah sakit lainnya. Selain itu, ini memudahkan warga Soppeng jika menghadapi masalah penyakit serius itu sehingga tak perlu lagi jauh jauh ke Makassar,” katanya. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru