Sunday 25 September 2022
spot_img

Supriansa Bisa Jadi Pembeda di Pilkada Soppeng

JADI PEMBEDA – Anggota DPRRI Supriansa dianggap bisa jadi pembeda jika menyatakan diri maju dalam Pilkada Soppeng. Mantan Wabup ini memiliki keterpilihan tinggi di daerah ini. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Pilkada Soppeng masih akan lama. Akan dihelat pada 2024 bersamaan dengan pilkada lain di seluruh Indonesia.

Namun, nama-nama yang akan bertarung di perhelatan lima tahunan di Soppeng, sudah banyak diapungkan. Figur -figur seperti Syahruddin M Adam, Luthfi Halide, Andi Mapparemma, Selle KS Dalle, Nurmal Idrus, M. Aras, dan sejumlah nama lain mulai banyak disebut.

Namun, beberapa kalangan menilai peta persaingan Pilkada Soppeng 2024 kini lebih berbeda dibanding tiga perhelatan langsung sebelumnya. Kini, tak lagi ada figur yang punya popularitas dan juga keterpilihan mentereng yang mengungguli figur lain. Seperti halnya ketika Andi Sutomo bertarung di Pilkada 2010, dan Andi Kaswadi Razak di Pilkada 2015 dan 2020.

Peneliti dari Indo Riset Celebes (IRC) Sudir, menyebut dinamisasi politik di Pilkada Soppeng akan sangat menarik. Itu karena tak adanya figur dengan keunggulan keterpilihan tinggi seperti tiga perelatan sebelumnya. “Riset terakhir kami, tak menemukan seorang figur yang bisa dipastikan akan menguasai peta politik seperti halnya Andi Soetomo dan Andi Kaswadi Razak. Artinya, kondisi saat ini sedang dalam posisi Zero,” ujarnya, saat dikonfirmasi di Makassar, Senin, 28 Juni 2020.

Sudir menyebut, ketiadaan figur populer itu membuat pemilih menjadi terpolarisasi dan terbelah. “Kami melihat adanya polarisasi dukungan di grass root. Itu membuat pilkada Soppeng menjadi menarik dan sulit terprediksi,” katanya.

Tapi, sebenarnya semua akan selesai jika calon-calon populer seperti anggota DPR RI asal Soppeng, Supriansa menyatakan juga ikut bertarung. “Faktanya, saat ini Pak Supriansa berada di atas sebagai calon yang populer. Itu mendekati kesukaan pemilih terhadap Bupati Andi Kaswadi Razak, persoalannya kita belum melihat Supriansa mau kembali ke Soppeng,” ujarnya.

Manajer Riset Nurani Strategic, Imran Mahmud, juga menyatakan sama. Menurutnya, kendali popularitas figur politik di Soppeng masih dipimpin Supriansa selain Bupati Andi Kaswadi Razak. “Tapi itu dalam konteks di luar pembicaraan pilkada. Kita harus melihatnya lagi jika Supriansa menyatakan diri maju juga. Tapi, kami kira tak akan jauh beda,” tukasnya. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru