Monday 26 September 2022
spot_img

Sukses Deteksi Bom Bunuh Diri, CCTV Makassar Bakal Ditambah Ribuan Titik

  • WAR ROOM – Ruangan kontrol yang dikendalikan Pemkot Makassar ini berada di Balaikota. Ketika terjadi peristiwa bom bunuh diri, Minggu 28 Maret 2021, kontrol ruangan ini yang dihubungkan dengan ratusan CCTV berhasil mendeteksi pelaku sehingga memudahkan proses identifikasi. (FOTO:MI)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Hanya beberapa menit pasca terjadi ledakan bom bunuh diri di Katedral Makassar di Jalan Kajoallalido, Minggu, 28 Maret 2021, Pemkot Makassar sudah merilis detik-detik terjadinya aksi biadab itu.

Bagaimana pelaku meledakkan diri, identifikasi pelaku dan waktu terjadinya ledakan diketahui dengan presisi dari ruang kontrol Ruang kontrol yang diberi nama War Room. Ruangan ini berada di lantai 10 Kantor Balai Kota Makassar. Di dalam ruangan, ada layar lebar melengkung sekitar 6 x 2 meter yang menampilkan tayangan real time ratusan kamera pemantau yang telah ditempatkan di titik-titik strategis di kota Makassar.

Oleh karena efektivitasnya itu, Pemkot Makassar kembali akan menambah jumlah kamera pemantaunya hingga ribuan titik. Walikota Makassar Ramdhan Pomanto mengaku akan memfokuskan untuk memberantas terorisme dengan menambah beberapa titik CCTV di sudut-sudut Kota Makassar.

Rencananya akan dipasang di tempat-tempat ramai publik, Sekolah dan tempat ibadah. “Melihat cctv kita saat aksi bom bunuh diri kemarin yang terjadi di gereja, tidak kurang dari 24 jam wajah pelaku sudah terdeteksi, plat motornya demikian. Kami berterima kasih kepada pihak kepolisian, dan dandim yang sudah terus berkoordinasi. Canggihnya ini cctv kita,” sebut Danny.

Danny berharap agar apa yang menjadi rencana hari ini bisa direalisasikan di tahun 2022 dengan baik tanpa hambatan.

Teknologi yang ruang kontrol yang dimiliki Makassar ini diakui lebih canggih dari yang dimiliki oleh kota Bandung dan Surabaya, karena selain berfungsi sebagai kamera pemantau trafik jalan, kamera CCTV milik War Room Makassar dapat melakukan zooming berkali lipat, teknologi kamera infra merah, dan dapat berputar 180 derajat. Kemampuan menyimpan data rekamannya mampu hingga 5 tahun lamanya, dari beberapa mesin server yang berada di ruangan War Room.

Selain itu pula di War Room ini juga menampilkan data kependudukan, pemantauan cuaca dan iklim, serta aplikasi tracking GPS pada semua kendaraan layanan publik milik Pemkot Makassar.

Beberapa kasus kecelakaan yang terjadi di Kota Makassar, petugas kepolisian memantau kronologis kejadian dari rekaman kamera CCTV di War Room Balai Kota.

Kamera CCTV War Room Makassar dapat melakukan zooming hingga ke Pulau Lae-lae yang jaraknya sekitar 1,5 Km dari kamera CCTV yang berada di atas Gedung Balaikota. Selain itu kamera juga dapat mengambil gambar lebih detail ke nomor kendaraan yang ada di Lapangan Karebosi. (SAH/REN)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru