Saturday 10 December 2022
spot_img

Strategi Curi Star Nasdem

Partai Nasdem kembali mengguncang jagat politik Sulsel. Meski Pilkada masih berbilang bulan dan pendaftaran paslon ke KPU masih lima bulan lagi, namun partai ini kembali “curi” star dengan langsung memberi rekomendasi kepada paslon yang mereka inginkan.

Ada empat daerah dimana Nasdem sudah memastikan dukungannya. Menariknya, tiga daerah di antaranya diberi secara berpasangan yaitu Kaswadi Razak – Luthfi Halide (Soppeng), Nico Biringkanae – Victor Datuan (Toraja) dan Harmil – Ilham (Maros) serta satu daerah tanpa pasangan yaitu Barru dengan Suardi Saleh.

Dalam politik, ini langkah berani Nasdem. Terutama untuk rekomendasi berpasangan. Pasalnya, di tiga daerah itu, Nasdem sebenarnya belum cukup kursi untuk mengusung meski signifikan. Seperti misalnya Soppeng dimana Nasdem masih kekurangan satu kursi untuk mengusung. Demikian pula dengan Maros yang juga masih butuh satu kursi.

Posisi paling krusial adalah Soppeng dimana pemilik mayoritas kursi di parlemen yaitu Partai Golkar sama sekali belun terlihat memberikan dukungan. Golkar memang sudah memberi sinyal ke Kaswadi tapi tidak dengan pasangannya. Tentu menjadi berabe jika kemudian Golkar merasa ditelikung oleh Nasdem yang mengambil star lebih duluan padahal bukan pemenang pemilu di Soppeng.

Hal sama di Maros. Posisi Harmil – Ilham sebenarnya sudah sedikit aman karena tinggal membutuhkan satu kursi. Namun, posisi mereka bakal sulit karena kemungkinan kesulitan untuk menggenapkan satu kursi.

Jika menilik rekomendasi Nasdem, partai ini sebenarnya secara administrasi sudah menyiapkan kemungkinan jika ada perubahan konstalasi. Sebab, rekomendasi itu sepertinya belum final karena belum diteken langsung oleh Ketua Umun dan Sekjen parpol seperti yang dipersyaratkan dalam UU Pilkada. Tentu jika ada perubahan politik, maka rekomendasi itu bisa dengan mudah diubah.

Namun secara umum, langkah Nasdem yang cepat ini bermakna positif bagi parpol ini. Tentu ini akan menaikkan popularitas Nasdem disaat parpol lain masih terus bergulat dengan masalah administrasi pencalonan yang berbelit.

Kita masih harus menunggu apa langkah Nasdem selanjutnya dan juga apa respon parpol lain dengan ‘keberanian’ Nasdem mengambil sikap seperti itu dengan mengambil star lebih duluan.

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru