Tuesday 27 September 2022
spot_img

Soppeng Mulai Program Satukan Itik, Ikan dan Padi Dalam Satu Tempat

ASBATIK – Pemkab Soppeng mencoba terobosan baru dalam meningkatkan produktivitas pertanian di wilayahnya. Mereka menyatukan konsep peternakan, pertanian dan perikanan dalam satu tempat. (soppengkab)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Kabupaten Soppeng memulai upaya terobosan dalam penyediaan pangannya. Kabupaten yang dikenal sebagai lumbung beras ini kini membuat terobosan dengan memadukan peternakan, perikanan dan pertanian dalam satu kawasan lewat Program Ase, Bale dan Itik atau ASBATIK.

Kadis Pertanian Soppeng, Ir. Fajar menyampaikan, ada 4 program yang digagas oleh timnya terkait program ini. Pertama, adalah program Asbatik ini, yang intinya adalah kegiatan menanam padi dengan memelihara ikan dan itik, dan jika semuanya berjalan dengan baik maka akan menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat. “Yang kedua memanfaatkan pekarangan dengan tanaman hidroponik. Selanjutnya, Meningkatkan pendapatan petani dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada dan yang terakhir adalah desa yang tidak punya sawah, agar melakukan peningkatan pendapatan petani dengan teknologi tanam runtuh atau dengan berinovasi dengan ide-ide yang lain,” katanya, di Soppeng, Senin lalu.

Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng menyatakan masalah yang sering dihadapi petani terutama kalau menanam varietas umum yang dari luar selalu ikut tumbuh rumput-rumput liarnya, sehingga dengan adanya pelepasan ikan dan itik ini, begitu baru mau tumbuh ikan dan itik akan memakannya dan aerasi tanah akan muncul. Sementara itu untuk sayuran, berdasarkan pengamatan dipasar masih banyak sayuran yang dijual dari luar, namun sekarang telah terlihat bahwa masyarakat juga mulai menanam sayuran sendiri di pekarangan rumah masing-masing.
“Saya juga mengharapkan agar perbankan bekerjasama dengan penyuluh melalui program-program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang ada untuk membantu petani-petani kita. Selain itu saya berharap agar penyuluh benar-benar melakukan pendampingan yang maksimal kepada masyarakat, agar yang dihasilkan juga maksimal,” kata Mantan Kadis Pertanian Sulsel ini.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak mendorong penuh efektifitas program. “Ini adalah niat dan tujuan yang akan kita capai bersama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Analisa ekonomi juga perlu dilakukan, karena ini akan menjadi modal besar untuk pertumbuhan ekonomi di soppeng ini.Termasuk dengan pasca panennya agar menjadi program yang membanggakan. Selain itu, perencanaannya agar dilakukan dengan maksimal, schedule yang jelas untuk meminimalisir biaya dan nilai tambahnya,” ujarnya. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru