Saturday 10 December 2022
spot_img

Soppeng Menuju Double Hat-trick WTP, Bidik DID di Atas Rp 20 M

FOTO: Pemeriksaan fisik pengerjaan proyek oleh tim BPK di Soppeng. (Istimewa)

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Kabupaten Soppeng bertekad menciptakan “double hat-trick’ atau enam kali berturut-turut bagi prestasi laporan keuangan daerah mereka.

Dalam 5 tahun terakhir, kabupaten ini telah mencetak lima kali laporan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Jumat (13/3), Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menyerahkan laporan keuangan daerahnya untuk tahun anggaran 2019 di Kantor BPK Perwakilan Sulsel, Jalan AP. Pettarani, Kota Makassar.

Kaswadi optmisi daerahnya bisa mencetak laporan keuangan mulus keenam kalinya di tahun 2019 ini. “Jika kita melihat hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan 2019 maka saya optimis kita bisa mengulang prestasi itu keenan kalinya berturut-turut,” katanya.

Bukan tanpa sebab Soppeng memburu prestasi itu. Selain akan mengurangi potensi korupsi, prestasi WTP juga dijadikan dasar oleh pemerintah pusat untuk menentukan besaran dana transfernya ke daerah, terutama dari Dana Insentif Daerah atau DID. Pemerintah pusat bahkan menjadikan WTP sebagai kriteria utama dalam menentukan besaran DID. “Kita berharap dengan prestasi WTP itu, tahun ini DID kita tak berkuranglah dari tahun lalu,” katan Kepala DPKAD Soppeng, Drs. H. Dipa, M,Si, Jumat.

Tahun 2019 lalu atas prestasinya meraih WTP kelima kalinya, Soppeng diguyur DID yang tergolong besar. Total, Soppeng mendapat DID sebesar Rp 21,8 M yang terdiri dari dana untuk sektor kesejahteraan sebesar Rp 11,9 M dan Layanan Dasar Kesehatan sebesar Rp 9,8 M. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru