Saturday 10 December 2022
spot_img

Soppeng Butuh Rumah Sakit Tambahan, Investor Baru Bisa Mulai Kelayakan Bisnis

SUASANA RSUD LA TEMMAMALA – Kabupaten Soppeng kini membutuhkan tambahan rumah sakit baru. Pasien yang membludak di RSUD La Temmamala bisa menjadi acuannya. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Kebutuhan akan jaminan dan layanan kesehatan terus bertambah khususnya di Kabupaten Soppeng.

Angka kunjungan pasien ke Rumah Sakit La Temmamala dan sejumlah Puskesmas di seantero Soppeng, terus naik. Khusus di RSUD La Temmamala, angka kunjungan bahkan kerap mencapai di atas 600 pasien rawat jalan per hari. Itu belum termasuk pasien rawat inap.

Ketua Dewan Pengawas RSUD La Temmamala 2016 – 2021, Dr. Nurmal Idrus, MM, menyebut Soppeng sudah saatnya butuh tambahan rumah sakit baru setidaknya dengan status Type C. “Angka kunjungan di RSUD La Temmamala kadang membuat tenaga kesehatan di sini kewalahan. Anda bisa melihat antrian setiap hari di rawat jalan, begitupula dengan membludaknya permintaan terhadap ruang perawatan yang biasa tak mencukupi,” katanya.

Dr. Nurmal Idrus, MM

Pemkab Soppeng telah berupaya untuk mengatasi itu dengan membangun rumah sakit Pratama di Cabbenge dan juga menaikkan status seluruh Puskesmas menjadi rawat inap. Namun, tetap saja jumlah warga yang datang tetap membludak. “Itu karena jumlah fasilitas rumah sakit kita terbatas dengan warga yang dilayani. Dulu, kalau sakit ringan di rumah saja, kini kesadaran warga segera memeriksakan diri ke rumah sakit tinggi. Belum lagi, kita mendapat limpahan pasien dari daerah tetangga seperti Bone, Wajo, Sidrap dan Barru,” ujarnya.

Nurmal kemudian mewacanakan agar ada pihak swasta yang berniat menanamkan modalnya di sektor kesehatan ini di Soppeng dengan membangun rumah sakit baru di Kota Watansoppeng. “Saya pikir selain untuk kemanusiaan, pihak swasta sudah bisa memulai survey kelayakan bisnis untuk usaha rumah sakit ini. Saya yakin, kelayakannya dari sisi bisnis sangat bagus, jadi investor tak perlu ragu menanamkan uangnya,” katanya.

Mantan Ketua KPU Makassar ini berharap, akan banyak sisi positif jika ada investor baru yang mau masuk. “Itu membuat lahirnya kompetisi yang sehat sehingga teman-teman di RSUD La Temmamala bisa terus meningkatkan layanannya karena sudah ada rumah sakit pesaing. Selain itu tentu warga Soppeng punya pilihan lain untuk berobat selain ke La Temmamala. Apalagi, investasi rumah sakit baru itu tentu bisa membuka lapangan kerja baru dan prospek pendapatan baru bagi pemda,” ujarnya. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru