Home / Utama

Kamis, 26 Desember 2019 - 21:25 WIB

Sinyal Kolom Kosong di Pidato AKAR

Celebesterkini – Soppeng – Pidato Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak (AKAR) dalam kegiatan Bupati Menyapa di Labessi, Marioriwawo, Rabu (25/12), sepertinya menjawab banyak tanya terkait dengan masa depan pencalonannya kembali sebagai Bupati Soppeng di periode kedua.
Dalam pidato tanpa teks sepanjang 45 menit itu, AKAR memastikan bahwa tak akan ada lagi lanjutan dendam dalam Pilkada Soppeng. “Cukup sampai di Pung Harta (Kakak AKAR, mantan Bupati Soppeng Andi Harta Sanjaya). Kita hentikan di 2020. Semua akan dirangkul, tak boleh lagi ada pertentangan dan rasa dendam,” ujarnya di depan sekitar seribuan masyarakat Marioriwawo.
Menurutnya, jika perseteruan dan dendam terus dibangun maka tak akan ada ujung dan untuk itu dirinya harus memutus rantai dendam itu. “Ini akan tiada akhir. Cukup sampai di sini. Tak boleh lagi ada dendam,” tambahnya.
Selain itu, AKAR memastikan bahwa Pilkada Soppeng akan berjalan lebih ringan dan santai karena dirinya berupaya menghindarkan perseteruan. “Kita berupaya menjadikan Soppeng sebagai daerah percontohan Pilkada 2020. Caranya adalah dengan menghapus dan mengurangi pertentangan di antara kita,” tambahnya.
Pengamat politik dari Indo Research Strategy, Firman Jaelano, memaknai pidato itu sebagai sinyal jelas tentang masa depan pencalonannya di Pilkada Soppeng 2020. “Dia ingin mengakhiri perseteruan dan dendam. Untuk melakukan itu jelas harus merekrut lawan lawannya selama ini. Nasdem dan Golkar adalah lawan di Pilkada 2015, maka menjadikan Nasdem teman baru adalah kemungkinan yang dipilihnya,” ujarnya. Sinyal lain lanjutnya adalah kemungkinan Akar membidik lawan dengan kolom kosong di Pilkada 2020.
Firman hanya mewanti – wanti agar AKAR juga memperhitungkan dengan banyak kemungkinan – kemungkinan politik ke depan. “Dia harus menghitung dengan baik konstalasi nasional hari ini dimana ada sinyal hubungan tegang antara pemerintahan dengan Nasdem,” tukasnya.

Share :

Baca Juga

Bisnis

Hari Ini Tarif Tol Makassar Naik, Menteri Basuki Kaget

Utama

Selfi Yamma, Dilamar Anggota DPRD

Politik

KPU Menunda Sebagian Tahapan Pilkada, Nurmal Sebut Keputusan Aneh

Utama

72 Community Hadir di Lokasi Bencana Lamajekko

Kesehatan

Alhamdulillah, Obat Peredam Corona Diperoleh. RI Beli 5 Juta Biji

Kesehatan

Sudah Darurat, Pemerintah Sebut Sulsel Harus Dapat Perhatian Khusus. Apa Kabar Gubernur?

Kriminal

Lihat Teman Pingsan, Eh.. Tak Ditolong Malah Diperkosa

Daerah

Berlakukan Protokol Kesehatan, Coffee Morning Pejabat Pemkab Soppeng Steril COVID-19