Home / Politik / Utama

Sabtu, 22 Februari 2020 - 16:01 WIB

Siapa Zunnun yang Terus Tempel DP

FOTO: Zunnun NH (Kedua dari kiri) ketika berfoto bersama dengan Dani Pomanto dan empat ketua parpol di Makassar, pada Musyawarah Rakyat DP di CCC, Sabtu (22/2)

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Nama H. A. M. Zunnun Nurdin Halid, tiba-tiba menyeruak di khasanah perpolitikan Makassar yang panas jelang Pilwali, September 2020.

Sebenarnya, gambar mantan anggota DPRD Sulsel ini sudah memenuhi sudut-sudut jalan di Kota Makassar, beberapa waktu terakhir. Namun namanya mendapat perhatian pasca kehadirannya di Kantor DPW PPP Sulsel, Jumat (21/2) dan hadir dalam Musyawarah Rakyat yang dihelat tim mantan Walikota Makassar, Moh. Ramndhan Pomanto di CCC, Sabtu (22/2).

Di PPP, Zunnun hadir bersama DP dan di CCC ia juga ikut naik ke panggung utama ketika ketua-ketua parpol Makassar yang hadir diperkenalkan kepada ribuan peserta musyawarah yang hadir.

Zunnun kemudian dikait-kaitkan dengan Dani dan dianggap sebagai figur kuat mendampingi petahana Makassar ini. Ketika memberi keterangan di PPP, Dani menyatakan bahwa pertemuannya dengan Zunnun adalah kebetulan belaka. “Saya datang ke sini memenuhi undangan PPP dan Pak Zunnun juga hadir untuk mendaftar,” katanya. DP tak mengkonfirmasi secara terang ketika media menanyakan kemungkinan menggaet Zunnun di Pilwali Makassar.

Baca Juga  Lihat Cantiknya Cucu SYL yang Hari Ini Dipinang Polisi Berpangkat Iptu

Namun jika menilik profil Zunnun, meski ia orang baru di perpolitikan Makassar, tetapi anak sulung Ketua Golkar Sulsel Nurdin Halid ini bukanlah politisi kacangan terutama dalam kontestasi perebutan suara.

Dua kali bertarung di Pileg, meski gagal, ia memperoleh suara signifikan di dapil Bone. Pada 18 September 2017 silam ia dilantik menjadi anggota DPRD Sulsel setelah Yushar Huduri meninggal dunia. Saat Pemilu 2014 Zunnun memperoleh 11.481 suara hanya berselisih tipis dengan alm Yushar Huduri yang meraih 15.693 suara.

Baca Juga  Sulsel Melejit Rangking 2, Terdapat 189 Kasus Baru COVID19

Di Pemilu 2019 lalu, ia bertarung lagi. Raihan suaranya signifikan mencapai 22.609 suara di Bone. Namun ia tak kuasa menahan laju putra Bupati Bone, Izman Maulana Fashar yang didukung infrastruktur bagus. Izman meraih 28.247 suara

Direktur Nurani Strategic, Dr. Nurmal Idrus, MM, menyebut Zunnun bisa mendongkrak keterpilihan DP jika akhirnya berpasangan. “Memilih pasangan dalam Pilkada itu harus jeli jangan sampai malah merontokkan keterpilihan. Dalam konteks pencalonan Dani Pomanto di Pilwali, menggaet Zunnun menurut saya menguntungkan dirinya,” katanya.

Mantan Ketua KPU Makassar ini menyatakan kekurangan DP bisa ditutupi Zunnun. “DP minus dalam menjaga keseimbangan geopolitik pemilih di Makassar. Ia dianggap bukan asli Makassar. Tetapi dengan Zunnun ia bisa menutupi itu dengan latar belakangnya yang kuat di pemilih Bugis,” tukasnya. (mg2)

 79 total views,  3 views today

Share :

Baca Juga

Politik

Golkar Punya Mekanisme Pakem, IMUN Diyakini Tetap Lengket

Makassar

Marah Besar, Komisi E Warning Disdik

Daerah

Viral Adiknya Diselingkuhi, Lihat Aksi Bupati Cantik Salurkan Bantuan Banjir Manado

Nasional

Kabar dari Istana
Ketika Erdogan Telepon Pribadi Jokowi

Makassar

Disorot Bantuan Menumpuk, Pemprov Justru Kebanjiran Bantuan Baru

SEPUTAR CELEBES

Lelang Proyek di Soppeng Bermasalah, Rakyat Dikorbankan Pertumbuhan Ekonomi Melambat

Makassar

Nantikan, Jalan Layang dari Fly Over Pettarani ke CPI

Kriminal

Pandemi Buat Pijat Sepi, Pilih Layanan BO Bertarif Rp 650 Ribu
Chat Sekarang
Butuh Bantuan ?
Salam Kami Celebes Terkini.
Apa yang bisa kami bantu ?