Monday 26 September 2022
spot_img

Serapan DAK Lambat, Pembangunan Lutim Terancam Mandek

MANDEK – Bupati Luwu Timur Budiman, mendorong OPD untuk segera mengeksekusi Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Katanya, di masa pandemi ini serapan DAK mandek akan sangat memengaruhi stabilitas ekonomi. (IST)

CELEBESTERKINI.com, Malili – Bupati Luwu Timur, H Budiman, mengaku resah dengan serapan Dana Alokasi Khusus (DAK) di jajarannya yang sangat rendah. Menurutnya, serapan DAK rendah bisa berkontribusi besar terhadap stabilisasi ekonomi di masa sulit ini.

Ia menegaskan itu saat memimpin rapat monitoring dan evaluasi pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK)Tahun Anggaran 2021. Rapat ini dilakukan untuk meminta para OPD pengelola DAK untuk segera menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk merealisasikan DAK yang berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (15/04/2021).

Rapat koordinasi DAK ini di difasilitasi Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah yang di hadiri OPD Pengelola DAK seperti Dinas Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, PU, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pokja ULP, Inspektorat dan OPD lainnya.

Dalam arahannya, Budiman mengatakan pemanfaatan DAK sangat berpengaruh terhadap serapan anggaran. Sehingga dibutuhkan langkah-langkah percepatan agar DAK bisa segera di manfaatkan.

Lanjut Budiman, kondisi APBN saat ini sangat tertekan dan pendapatan daerah yang semakin berkurang, maka salah satu cara untuk memacu pembangunan di daerah adalah dengan cara memanfaatkan DAK. Hal ini juga sesuai arahan presiden RI dalam rapat virtual untuk segera melakukan percepatan-percepatan. “Kepada seluruh OPD pengelola DAK, saya harapkan paling lambat dokumen kontaknya sudah mulai dipersiapkan paling lambat akhir April tahun ini” kata Budiman.

Ia juga meminta bagian Ekbang rutin melakukan evaluasi dan mengingatkan OPD pengelola DAK untuk segera menyiapkan dokumen dan data yang dibutuhkan. Sementara untuk Inspektorat, Bupati mengharapkan agar senantiasa turun melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pemanfaatan DAK termasuk pula program pembangunan yang bersumber dari APBD pemerintah daerah.

Dalam rapat itu hadir pula Kepala Bagian Ekbang, Andi Wija Hasan dan Asisten Perekonomian dan Pengembangan Infrastruktur, Senfry Oktavianus. (hr/hms-sah)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru