Saturday 10 December 2022
spot_img

Sebut Sandiaga Penerusnya, Jokowi Serius atau Bercanda

JAKARTA, CELEBESTERKINI – Pilpres 2024 masih jauh namun Presiden Joko Widodo telah memberi isyarat kepada mantan rivalnya di Pilpres 2019, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.
Isyarat itu diberikan Jokowi saat meresmikan pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Foto: Tirto

Mulanya, Jokowi berseloroh bahwa ada kader HIPMI yang hadir dalam acara tersebut akan menjadi kandidat capres di Pemilu 2024.

Namun, Jokowi tak menyebut nama. Mantan Gubernur DKI itu hanya memberikan isyarat bahwa calon kuat penggantinya sebagai presiden ialah yang barusan berdiri.
Sementara, hanya Sandiaga yang baru saja berdiri saat Jokowi berpidato.
Saat itu Jokowi mengaku hanya mengenal satu mantan Ketua Umum HIPMI yaitu Sandiaga Uno yang menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

“Bahwa yang hadir di sini adalah kandidat yang kemungkinan besar akan menggantikan saya. Dan saya meyakini itu. Tapi saya tidak menyebutkan orangnya siapa. Hanya tadi yang baru saja berdiri tadi (Sandiaga) kira-kira,” ujar Jokowi lantas disambut tepuk tangan kader HIPMI.

Sandiaga pun menilai pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengisyaratkan dirinya bakal menang di Pilpres 2024 hanya candaan.

Hal itu disampaikan Sandiaga merespons pernyataan Jokowi saat meresmikan pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu.
“Ya mungkin Pak Presiden guyon (bercanda) ya tadi. Atau mungkin Pak Presiden ingin membesarkan hati saya. Pak Presiden orangnya baik,” ujar Sandiaga yang juga hadir dalam acara tersebut.

Sandiaga pun mengatakan Pemilu 2024 masih jauh. Ia menilai yang terpenting saat ini mereka yang berkeinginan maju di Pilpres 2024 harus menunjukkam kerja nyata terlebih dahulu. 

Saat Diisyaratkan Jokowi Menang Pilpres 2024
Ia menambahkan yang terpenting baginya saat ini ialah melakukan segala hal yang dapat membantu perekonomian Indonesia.
Ia juga meminta semua pihak tak lagi berseteru lantaran Pilpres telah usai.
“Kita menjaga persatuan kita. Kenapa saya hadir di sini juga saya ingin menunjukkan kepada seluruh rekan-rekan HIPMI bahwa pemilu sudah selesai. Proses politik sudah selesai. Sekarang saatnya kita bersatu membangun bangsa,” ujar Sandiaga.

Lalu apakah itu hanya sebuah candaan atau memang Jokowi serius? Menurut Peneliti dari Indo Celebes Riset, Idham, sulit untuk menebak suasana hati Pak Jokowi saat ini. “Tapi taruhlah itu sebuah candaan, namun siapapun pasti mengamini bahwa Sandiaga memang punya kans untuk maju di Pilpres 2024,” katanya.

Modal Sandiaga kata Idham cukup besar. Selain sudah pernah ikut bertarung di Pilpres 2019, ia juga punya Partai Gerindra yang tentu masih penasaran setelah dua kali gagal. “Saya pikir Pak Prabowo akan legowo mendorong Sandiaga. Itu modal yang bagus karena tak banyak figur sekuat Sandiaga yang punya dukungan politik saat ini,” tukasnya. (int/mal)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru