Monday 26 September 2022
spot_img

Rentenir Marak, Pemkab Sidrap Kumpulkan Calon Korban

JERATAN RENTENIR – Pelaku usaha kecil yang terkendala permodalan sering menjadi sasaran empuk rentenir. Namun, bukan solusi yang meeka dapat, justru buntung karena jeratan utang menggunung. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Sidrap – Salah satu permasalahan dan tantangan utama pengembangan UMKM yaitu akses permodalan. Terbatasnya akses, itu pada akhirnya membuat pelaku UMKM mencari permodalan melalui rentenir.

Pelaku usaha kecil itu sering menjadi korban karena desakan untuk mendapatkan modal secepatnya. Jalan pintas dengan bekerjasama rentenir dipilih yang pada akhirnya menghancurkan mereka. Kondisi itu diantisipasi oleh Pemkab Sidrap. Mereka mengumpulkan para calon-calon korban rentenir yaitu para pelaku UMKM. “Penting bagi siapapun untuk mengetahui banyak iming-iming yang ditawarkan rentenir kepada pelaku UMKM,” ujar Asisten Ekonomi Pembangunan Sidrap, Andi Faisal Ranggong, Rabu (14/7/2021), lalu, di Baruga SKPD Sidrap.

Sosialisasi Pelaksanaan Akses Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir bagi Pelaku UMKM. (sidrapkab)

Hal itu disampaikannya saat membuka Sosialisasi Pelaksanaan Akses Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir bagi Pelaku UMKM yang dilaksanakan Bagian Perekonomian dan SDA Setda Sidrap. Kegiatan diikuti pelaku UMKM, IKM dan perwakilan OPD terkait.

Andi Faisal memaparkan, iming-iming tersebut di antaranya janji tidak sesuai saat peminjaman, bunga yang sangat tinggi, atau jatuh tempo singkat untuk pelunasan. 

Karenanya ia mengimbau pelaku UMKM dan masyarakat pada umumnya untuk menghindari rentenir. “Rentenir bukanlah solusi yang tepat bagi pelaku UMKM yang membutuhkan kredit atau pembiayaan,” sebut Faisal mewakili Bupati Sidrap membuka acara itu.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Kabag Perekonomian dan SDA Setda Sidrap, H. Sudarmin dan Kasubag Kebijakan Perekonomian, Hj. Sahriah. Sementara narasumber sosialisasi berasal dari Biro Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulsel dan Pimpinan Bank Sulselbar Sidrap. (*/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru