Jetpack
Hosting Unlimited Indonesia

Home / Utama

Kamis, 13 Februari 2020 - 12:32 WIB

Radi A. Gany Wafat, Eks Demonstran AMPD Ini Sangat Kehilangan

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Mantan Rektor Unhas dan Bupati Wajo, Prof. Dr. Radi A. Gany berpulang dengan tenang, Kamis, 13 Februari 2020, tadi subuh. Rentan karir almarhum yang panjang melahirkan banyak kesan di mata yang pernah mengenalnya, termasuk mantan demonstran AMPD, Akbar Endra. Interaksi keduanya terjadi karena saat Akbar “menggila” dengan aktivitas demonstrasinya di Unhas, Radi adalah rektornya.

Di mata aktifis Mahasiswa era 98 ini, sosok Prof Radi A Gany, mantan Rektor Unhas era 1997 – 2006, adalah sosok yang patut dijadikan suri tauladan.

Prof. Dr. Radi A. Gany

Akbar Endra, Koordinator Aliansi Mahasiswa Pro Demokrasi (AMPD), salah satu organ gerakan yang paling aktif di era reformasi, bahwa AMPD punya kesan yang dalam terhadap Prof Dr Ir Radi A Gany, ketika beliau menjabat Rektor.

Menurut mantan Anggota DPRD Maros ini, Prof Radi A.Gany adalah bapak para aktifis 98, di Unhas. “Prof kerap mengundang mahasiswa di ruangannya, baik ketika menjadi PR 1 maupun ketika menjabat Rektor Unhas, beliau sering menanyakan gagasan aktifis terhadap perkembangan mutakhir bngsa ini di era transisi demokrasi,” kata Akbar.

Akbar Endra juga mengenang, bahwa Professor ahli pertanian itu pernah mendorong Akbar Endra dan kawan-kawan mendirikan Tabloid Aliansi Tahun 1998. Akbar Endra menjadi Pemred Tabloid tersebut, Prof Radi A Gany menjadi penasehatnya. “Almarhum percaya bahwa demokrasi itu ditandai dengan adanya kebebasan pers. Tanpa kebebasan pers, kita sulit mewujudkan agenda demokrasi! ” kata Akbar mengenang pesan dan kesannya terhadap Prof Radi A Gany itu. Akbar ingat, pesan itu disampaikan Prof Radi A Gany ketika beliau baru saj menjabat sebagai Rektor Unhas, 1997.

Selamat jalan guru besar yang dicintai mahasiswa dan rakyat yang pernah dipimpinnya. Semoga mendapat tempat terbaik di sisiNya. (mg2)

Iklan
Iklan

Share :

Baca Juga

Utama

Besok Tes, Selamat Berjuang Para CPNS

Utama

Dua Terpanggang, Kebakaran di Soppeng Rugikan Ratusan Juta

Utama

Aroma Cinta Segitiga Dalam Pembunuhan Hakim

Nasional

Ini Penyakit yang Membuat BCL Kini Menjanda, Pelajari Masalahnya

Politik

NH Persilahkan Musda, Tapi Jangan Ada yang Sotta

Utama

Hidup Mewah Sang Komisioner

Utama

Geledah Rumah Bupati Sidoarjo, KPK Temukan USD, SGD, AUD, Euro, dan Yen

Utama

72 Community Hadir di Lokasi Bencana Lamajekko