Home / Nasional / Utama

Selasa, 12 Mei 2020 - 05:03 WIB

Presiden Jokowi Ajukan 31 Calon Dubes, Salah Satunya Putra Soppeng

Dr. Lutfi Rauf, MA




CELEBESTERKINI.com, Jakarta – Nama salah satu putra kelahiran Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Dr. Lutfi Rauf, MA, diusulkan menjadi Duta Besar (Dubes) oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR.

Lutfi yang merupakan almuni SMAN 1 Watansoppeng ini, dipromosikan menjadi Dubes Indonesia Untuk Arab Mesir yang berkedudukan di Kairo

Presiden Joko Widodo sendiri telah mengajukan 31 nama calon duta besar kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. “Presiden sudah mengirimkan daftar nama calon dubes kepada DPR. Pada rapat paripurna yang lalu, surat presiden sudah dibacakan oleh pimpinan sidang,” kata Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris, Senin (11/5/2020).

Menurut Charles, pimpinan DPR juga sudah menugaskan Komisi I DPR untuk mempersiapkan proses fit and proper test untuk calon-calon duta besar. “Rencana pertengahan bulan Juni Komisi I akan jalankan fit and proper test terhadap para calon dubes untuk bisa memberikan pertimbangan kepada presiden,” kata dia.

Baca Juga  Lagi, Gubenur Sambangi Posko Makassar. Perpanjangan PSBB?

Berdasarkan dokumen yang didapat seperti dilansir kompas.com, surat presiden berisi daftar nama calon duta besar itu bernomor R-15/Pres/03/2020 tertanggal 19 Maret 2020.

Ada 31 nama yang diajukan Presiden. Charles pun membenarkan daftar nama tersebut. Ada nama mantan Dirut Metro TV, Suryopratomo sebagai calon dubes Singapura. Ada juga nama Wakil Ketua Umum Partai Golkar Roem Kono yang dicalonkan menjadi Duta Besar Bosnia dan Herzegovina.

Baca Juga  Ada Foto Cowok di Insta Story Pacarnya, Pria Ini Jadi Kalap

Lutfi Rauf, lahir di Watansoppeng, Sulawesi Selatan 19 September 1961. Menyelesaikan pendidikan Sarjana (S-1) jurusan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Dan Magister (S-2) Ilmu Politik, Victoria University. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Informasi dan Media, Kementerian Luar Negeri (2004-2006), Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Republik Slovakia (2007-2008), Kepala Protokol Negara, Kementerian Luar Negeri (2008-2012), dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Thailand (2012-2016). Jabatan terakhirnya adalah Deputi Menkopolhukam di bawah Menko Luhut Binsar Pandjaitan. Ia merupakan adik dari mantan Wakil Bupati Soppeng Syarifuddin Rauf, di era Bupati Andi Hartasanjaya. (mg2)

 99 total views,  7 views today

Share :

Baca Juga

Nasional

Meledak, Pencari Temukan Serpihan Badan Penumpang Sriwijaya Air

Utama

Bakar Rumah Lalu Menghilang Bawa Parang

Nasional

Jangan Salah Paham, Tak Ada Pungutan Baru Token Listrik dan Pulsa Telepon

Kriminal

Kakek Cabul
Usia Sudah 61, Sanggup Cabuli Anak Tiri Pakai Obat Kuat

Makassar

Kembalikan Dana Rp 18 M, KPU Makassar Dianggap Layak Dapat Penghargaan

Hiburan

Sering Loyo Sebelum ‘Bertempur’, Nikita Mirzani Rilis Obat Kuat

Kesehatan

Termewah, OTG dan ODP Sulsel Dikarantina di Hotel Bintang 4. Begini Fasilitasnya

Politik

Nasdem dan Golkar Paling Berani, Usulkan PT Nasional 7 Persen
Chat Sekarang
Butuh Bantuan ?
Salam Kami Celebes Terkini.
Apa yang bisa kami bantu ?