Sunday 25 September 2022
spot_img

Prabowo – Puan Dipasangkan, Pengamat: Bisa Menang Mudah

MENANG – Prabowo Subianto banyak dipasangkan oleh kalangan dengan Puan Maharani. Pengamat politik menyatakan peluang menang bisa mereka peroleh. (IST)

CELEBESTERKINI.com, Jakarta – Nama Prabowo Subianto dan Puan Maharani digadang-gadang sangat mungkin menjadi pasangan pada (Pemilihan Presiden) Pilpres 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat politik dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Setia Budhi Rangkasbitung, Harits Hijrah Wicaksana ketika berbicara mengenai Pilpres 2024. “Bisa saja pasangan Prabowo-Puan dimajukan pada Pilpres 2024 itu,” ucap Harits Hijrah Wicaksana dikutip dari Antara.

Sebelum ada pernyataan tersebut, muncul juga hasil survei yang dirilis oleh Polmatrix pada 1 April 2021 lalu. Hasil survei dari Polmatrix tersebut menyebutkan bahwa kandidat Capres-Cawapres yang menjadi unggulan dan paling kuat di antara nama-nama lainnya adalah Prabowo dan Puan.

Kemudian Harits Hijrah Wicaksana menuturkan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa isu Prabowo-Puan menjadi kandidat di Pilpres 2024 akan benar-benar terjadi karena juga terdapat suatu alasan yang bisa mendukungnya.

Alasan tersebut adalah bahwa hubungan politik dan komunikasi antara Partai Gerindra serta PDI Perjuangan (PDIP) selama ini berjalan mulus. “Saya kira namanya politik bisa saja Prabowo disandingkan dengan Puan pada Pilpres 2024,” ujar Dosen Untirta Serang tersebut.

Selain itu, ia mengatakan sebetulnya juga terdapat keuntungan dengan Presidential Threshold 20 persen dan bisa mengusung Capres sendiri yang dimiliki PDIP.

Akan tetapi, jika kekuasaan trah Soekarno di tubuh PDIP masih bersikeras dipertahankan dengan mengusung Puan Maharani di Pilpres 2024, maka hal tersebut dapat dipastikan belum bisa membantu kemenangannya.

Hal itu dikarenakan elektabilitas dan rating Puan Maharani masih berada jauh di bawah Ganjar Pranowo. “Saya kira konstelasi politik itu dinamis dan bisa saja Megawati mengusung kader terbaiknya Pak Ganjar Pranowo itu,” ujar Harits Hijrah Wicaksana.

Mengenai isu pencalonan Prabowo-Puan, terdapat isu sebelumnya yang disinggung olehnya. Isu tersebut adalah terdapatnya foto Moeldoko yang disandingkan dengan Puan sebagai capres dan cawapres. Namun isu tersebut mendapatkan komentar dan respon negatif dari masyarakat.

Dari Makassar, Direktur Nurani Strategic Consulting, Dr. Nurmal Idrus, menyatakan pasangan Prabowo – Puan punya potensi besar untuk memenangkan Pilpres 2024. Alasannya, kedua figur ini adalah perpaduan dua faktor yang yang harus dimiliki oleh paslon capres. “Dua faktor penentu kemenangan di Capres Indonesia yang luas ini adalah figuritas dan jaringan. Prabowo mewakili figuritas personal yang kuat dengan tingkat keterpilihan tinggi di mata pemilih. Sementara Puan Maharani secara personal memang sedikit keteteran, tetapi dia didukung jaringan kader PDIP yang mengakar dengan militansi dan loyalitas kepada pemimpinnya yang sangat kuat,” katanya.

Dr Nurmal Idrus, MM

Mantan Ketua KPU Makassar ini, memprediksi pasangan ini akan benar – benar bisa diwujudkan. “Apalagi melihat kedekatan PDIP dan Gerindra selama ini dipemerintahan. Selain itu, keduanya juga memang saling membutuhkan dihubungkan dengan dua faktor yang saya sebutkan tadi,” ujarnya. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru