Sunday 02 October 2022
spot_img

Pilkades Serentak Jangan Diwarnai Lagi Bentrok Fisik

KUMPUL CALON KEPALA DESA DI MALANGKE – Pilkades mempunyai potensi ganggunan keamanan yang tinggi karena wilayah cakupannya sempit. (lutrakab)

CELEBESTERKINI.com, Masamba – Bentrok fisik antar pendukung saat dan pasca pemilihan kepala desa (Pilkades) coba diantisipasi oleh Pemkab Luwu Utra (Lutra).

Berbagai upaya dilakukan agar hal itu tak terulang lagi. Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Luwu Utara untuk menciptakan suasana tenang dan damai jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Luwu Utara pada Juli mendatang. Diketahui akan ada 102 desa di Lutra yang akan menggelar perhelatan itu.

Suaib menyampaikan Pilkades mempunyai potensi ganggunan keamanan yang tinggi karena wilayah cakupannya sempit. Oleh karena itu, Ia meminta agar seluruh calon Kepala Desa bisa berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama tahapan Pilkades serentak berlangsung.
“Saya sangat mengharapkan semua pihak menjunjung tinggi nilai kerukunan, jangan sampai memecah persatuan dan persaudaraan, apalagi memicu konflik,” tegas Suaib di sela acara syukuran pesta panen di Desa Kanandede, Jumat (25/6).

Suaib meminta seluruh calon kepala desa meredam gejolak massa pendukungnya sebab menciptakan keamanan dalam demokrasi merupakan kewajiban seluruh elemen masyarakat. “Pada dasarnya seluruh pemilihan itu ada yang menang dan ada yang kalah, semuanya harus siap menang dan siap kalah. Pilkades serentak harus berjalan damai jangan sampai kemudian ada berselisih paham. Untuk cakades yang terpilih harus bekerja sebaik-baiknya jangan bekerja hanya untuk pendukungnya” tegas Suaib.

Dari Kecamatan Malangke, Plt. Camat Malangke, Akram Risa, berinisiatif mengumpulkan seluruh calon kepala desa di wilayahhnya. Ia tak ingin sekadar menyukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), tapi lebih dari itu, dia ingin menjadikan Malangke sebagai kecamatan percontohan untuk Pilkades yang bersih, aman, dan damai. Seperti diketahui, di Malangke, ada lima desa yang akan menggelar Pilkades Serentak pada 14 Juli 2021 mendatang. Kelima desa itu adalah Girikusuma dua calon Kades, Ladongi (2), Salekoe (5), Tandung (2), dan Pattimang (3). Total ada 14 Calon Kades yang akan berkompetisi dalam Pilkades mendatang. Menariknya, dari 14 calon, ada tiga calon dari kalangan perempuan, yakni Syamsinar (Cakades Girikusama), Jumrana (Salekoe) dan Sumarni (Pattimang).

Camat Akram Risa, mengumpulkan seluruh Cakades dalam sebuah pertemuan di Aula Kantor Camat Malangke, Kamis (25/6/2021), sebagai upaya menyatukan semua Cakades dalam temu silaturahmi, sekaligus penetapan jadwal kampanye dan pemaparan visi misi calon. Selain Cakades, hadir pula Kades yang akan ber-Pilkades, PPKD, dan Kapolsek Malangke. “Saya menganggap pertemuan kita hari ini adalah pertemuan yang sangat penting dan mendesak, karena ini harus kita lakukan,” kata Akram.

Akram mengatakan, Pilkades adalah sebuah kompetisi, pertandingan dan juga sebuah pesta. Di mana dalam pesta ini nantinya akan ada yang terpilih dengan suara terbanyak, dan pasti akan ada yang tertunda. “Di pesta ini akan ada yang terpilih menjadi duta desa pada saat dilakukan pemilihan kepala desa. Akan ada yang keluar menjadi pilihan mayoritas masyarakat. Tentu semua dipilih, tapi yang tertinggi suaranya yg akan terpilih sebagai Kepala Desa,” jelas Akram. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru