Saturday 10 December 2022
spot_img

Pertumbuhan Ekonomi Positif, Soppeng Terus Jaga Momentum dengan Kemudahan Berusaha

BUPATI SOPPENG PANEN PADI – Ketika daerah lain di Indonesia mengalami pertumbuhan minus, Soppeng justru tetap berada di atas garis positif. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Pemerintah Kabupaten Soppeng terus berupaya menjaga momentum pertumbuhan ekonomi daerahnya di jalur positif.

Ketika daerah lain di Indonesia mengalami pertumbuhan minus, Soppeng justru tetap berada di atas garis positif. Meski juga mengalami degradasi oleh karena pandemi covid19, tetapi pertumbuhan ekonomi daerah ini tetap terjaga. “Kita membuktikan bahwa sektor pertanian tak terlalu berpengaruh terhadap pandemi ini. Dan, warga kita tak terlalu kesusahan menghadapi pandemi, untuk itu kita akan terus memberikan dukungan terhadap sektor ini,” kata Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Soppeng meluncurkan berbagai stimulus dalam kemudahan berusaha. Hal itu ditempuh agar aliran investasi baru masuk ke Bumi La Temmamala tetap berlangsung. “Investasi adalah barang yang langka pada kondisi sulit seperti sekarang ini. Maka, kita harus mencari berbagai cara dengan membuat banyak terobosan agar pemilik modal mau menanamkan dananya di sini,” tambahnya.

Pertumbuhan ekonomi Soppeng memang mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Puncaknya, ketika awal pandemi di tahun kwartal terakhir 2020 dimana pertumbuhan hanya menyentuh 2,6 persen. Namun, setelah memasuki musim panen gabah di awal 2021, pertumbuhan ekonomi daerah ini menggeliat hingga kini diperkirakan sudah di angka di atas 5 persen.

Kepala BPS Soppeng, Rustan menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Soppeng tahun 2017 mencapai 8,29 persen. Namun tahun 2018 hanya mencapai 8,11 persen, dan tahun 2019 juga mengalami penurunan hanya mencapai 7,9 persen.

Kepala DPMTSP- NAKERTRANS Kab. Soppeng Andi Dhamrah, S.Sos, MM, menyambut permintaan Bupati itu dengan baik. Pihaknya mempunyai banyak stimulus tambahan kepada pengusaha yang akan masuk ke Soppeng. “Kami melakukan banyak cara dalam memberikan kemudahan berusaha di sini,” ujarnya.

Kepala DPMTSP- NAKERTRANS Kab. Soppeng Andi Dhamrah, S.Sos, MM

Untuk itulah, instansi ini aktif melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait proses penerbitan dan perizinan berusaha termasuk kepatuhan dan kewajiban para pengusaha untuk melaporkan. “Kemudahan yang kami berikan bukan juga membuat segala proses administrasi diabaikan. Kami membuka diri, sehingga apapun kesulitan para pengusaha itu akan kami bantu dengan segala upaya,” ujarnya. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru