Saturday 10 December 2022
spot_img

Pertama di Sulsel, Soppeng Siapkan Rumah Sakit Khusus COVID-19 Berkapasitas 102 Tempat Tidur. Bupati: Semoga tak Digunakan

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak (membelakang) mengikuti teleconference penanganan COVID-19 di SCC, Watansoppeng, Kamis (26/3). (fb-hartasanjaya)

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Soppeng menjadi satu-satunya daerah di Sulsel yang menyiapkan satu rumah sakit khusus untuk penanganan pasien COVID-19.

Rumah sakit yang disiapkan adalah bekas rumah sakit lama yang berada di Jalan Samudera, Kota Watansoppeng. Rumah sakit ini berkapasitas 120 tempat tidur. Namun, karena belum memiliki fasilitas madai, maka rumah sakit ini hanya akan melayani pasien dengan status OPD, PDP dan Suspect.

Khusus untuk kasus positif akan langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk. “Kami menyediakan rumah sakit khusus untuk pasien COVID-19 yang tak bercampur dengan rumah sakit utama kami yaitu RSUD La Temmamala. Ini agar penanganannya jauh lebih fokus,” kata Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, saat melalukan teleconference penanganan COVID-19 di Sulsel, Kamis (26/3). Teleconference dipimpin oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dari kediamannya di Makassar dan diikuti tiga kepala daerah yaitu Bupati Lutra dan Bupati Pinrang. Ikut dalam teleconference itu adalah Ketua DPRD Sulsel, Pangdam IX Hasanuddin dan Kabinda Sulsel.

Kaswadi yang berbicara menggunakan fasilitas teknologi fiber optik di Ruang Soppeng Command Centre (SCC) di Kantor Bupati Soppeng, juga menyatakan bahwa ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) di Kabupaten Soppeng dalam kondisi aman. “Kami punya stok APD yang memadai. Itu karena kami sudah antisipasi sebelumnya dengan menggunakan jaringan alkes kami di luar daerah,” tambahnya .

Usai teleconference itu Kaswadi menyatakan meski menyiapkan fasilitas khusus untuk pasien COVID-19, namun dirinya berharap fasilitas itu tak terisi. “Ini hanya bentuk penegasan kami bahwa pemerintah hadir dalam penanganan wabah ini. Tapi, tentu kami berharap tempat tidur di sana tak terisi,” tukasnya. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru