Saturday 10 December 2022
spot_img

Perppu Pilkada Disahkan, Pelaksanaan Desember 2020

FOTO: Ketua KPU Arief Budiman dalam sebuah acara launching pilkada serentak. KPU ragu dengan jadwal baru Desember 2020.




CELEBESTERKINI.com, Jakarta – Pemerintah akhirnya mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No. 02 Tahun 2020 tentang Pilkada.

Perppu diteken Presiden Joko Widodo pada Senin, 4 Mei 2020, kemarin. Pada Pasal 201A ayat 2, pilkada serentak harus digelar pada Bulan Desember 2020. Perppu tak menyebutkan tanggal pastinya dan menyerahkan kepada KPU untuk menentukannya.

Namun Perppu agaknya masih gamang dengan waktu pada Desember 2020. Buktinya, pada ayat 3 aturan itu menyatakan jika bencana non alam (COVID19) belum berakhir maka pilkada serentak bisa ditunda lagi.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman sudah menduga bahwa Perppu akan menyebut Desember 2020. Namun, ia menyatakan bakal berat jika pilkada serentak digelar pada Desember 2020. Dia beralasan pandemi Covid-19 belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. “Kemungkinan akan merepotkan,” kata Arief dalam diskusi virtual, Ahad, 19 April 2020, lalu. Arief menyatakan pembuatan Peraturan KPU sangat berat dan panjang karena harus dikonsultasikan dengan DPR.

Pengamat Pemilu, Dr. Nurmal Idrus, juga ragu dengan Desember 2020. Menurutnya, jika dilakukan pada bulan itu, maka KPU harus kembali memulai tahapannya pada Juni 2020 mendatang. “Sementara mereka harus segera menyusun PKPU baru dan itu sulit untuk dilakukan dalam waktu singkat,” katanya.

Ketua KPU Makassar 2013 yang kini menjadi konsultan politik itu menyebutkan KPU juga perlu kembali mengecek kesiapan personilnya di daerah. “KPU harus memastikan kesiapan personilnya di daerah, sebab setahu saya banyak KPU yang sudah tak punya uang lagi karena Pemda melakukan refocusing untuk penanggulangan COVID19. Sementara pengajuan anggaran baru sudah sulit dilakukan karena memang banyak daerah benar-benar tak punya uang lagi di masa krisis ini,” tukasnya. (mg3)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru