Home / Kesehatan / Utama

Sabtu, 28 Maret 2020 - 15:33 WIB

Pemerintah Pilih Karantina, Beda-Beda Tipis ji Lockdown. Ini yang Kamu Harus Lakukan

FOTO: Sebuah barikade dipasang polisi Kota New Delhi, Pemerintah India melakukan lockdown terhadap negaranya menghadapi wabah COVID-19. (Jewel samad/AFP vis Getty Images)


MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Pemerintah RI menegaskan tak akan memilih opsi kunci rapat atau lockdown untuk memangkas penyebaran Coronavirus alis COVID-19. Pemerintah lebih memilih kanrantina wilayah.

Namun, meski istilah berbeda sebenarnya bentuk dan modelnya nyaris sama. Kedua-keduanya berfokus membatasi pergerakan orang baik di luar rumah di dalam daerah ataupun pergeseran warga antar daerah.

Bedanya hanya satu, jika lockdown berarti menutup rapat tanpa kecuali, maka karantina masih menoleransi pergerakan antar wilayah tetapi terbatas pada pergerakan kebutuhan logistik. “Daerah tak boleh menutup wilayahnya jika itu untuk kebutuhan logistik,” kata Menkopulhukam, Machfud MD. Menurut Machfud pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan beleid baru mengenai petunjuk teknis karantina wilayah ini.

Pada lockdown ataupun karantina wilayah orang tidak diperbolehkan masuk atau meninggalkan sebuah bangunan atau kawasan bebas karena kondisi darurat. Tujuan mengunci suatu wilayah ini agar virus corona tidak menyebar lebih jauh lagi.

Jika suatu daerah dikunci atau di-lockdown atau dikarantina, maka semua fasilitas umum harus ditutup, di antaranya sekolah, transportasi umum, tempat umum, perkantoran, bahkan pabrik harus ditutup dan tidak diperkenankan beraktivitas.
Selain itu, aktivitas warganya pun dibatasi. Biasanya, supermarket, apotik, dan rumah sakit tetap buka. Tapi kamu tidak bisa sebebasnya keluar masuk tempat tersebut.

Baca Juga  Kawin Kontrak Marak Lagi di Cianjur, Segini Biayanya

Lalu, apa yang harus dilakukan jika diharuskan nanti karantina wilayah?

Tetap tenang

Jangan langsung panic buying saat pemerintah mengusulkan karantina. Cek stok makanan dan kebutuhan harian lainnya di rumah. Apakah cukup? Atau ada yang perlu dibeli? Hanya beli barang yang diperlukan kurang lebih untuk dua minggu ke depan. Panic buying hanya akan membuat stok di pasaran menipis dan bisa jadi rusak di rumah karena disimpan terlalu lama. Pilih bahan makanan yang awet disimpan lama. Pastikan sehat dan bernutrisi.

Buat daftar aktivitas harian

Bagi yang tinggal bersama anak-anak saat karantina, siapkan aktivitas harian yang seru dan menyenangkan. Karantina merupakan waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan anak dan membantunya belajar. Jika kamu merantau dan tinggal sendirian, buat daftar hal-hal yang ingin kamu lakukan tapi tidak ada waktu sebelumnya. Belajar skill baru juga dapat menghabiskan waktu selama katantina.

Tetap berkomunikasi dengan orang dekat

Tetap jalin komunikasi selama karantina. Walaupun ruang gerak terbatas, bukan berarti kamu tidak bisa berinteraksi dengan orang lain. Gunakan video call sesekali dengan teman dekat, saudara, atau teman kantor. Gunakan untuk bercerita atau sekedar bermain game online agak kamu tidak bosan selama karantina. Manusia adalah makhluk sosial yang butuh interaksi, gunakan teknologi untuk sekedar ngobrol sebentar dan saling update kondisi di tempat masing-masing.

Baca Juga  Bersama Anak dan Menantu Jokowi, DILAN Akan Terima Rekomendasi PDIP 17 Juli

Hanya cari informasi lewat sumber yang kredibel

Dengan membanjirnya informasi soal Corona, jangan sampai kamu stres di masa karantina. Pilih hanya sumber kredibel untuk mendapatkan informasi selama karantin. Ingat, kesehatan mentalmu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Tubuh yang bebas stres akan lebih kuat sistem imunnya. Kurangi informasi yang cenderung mengarah ke hoaks agar pikiran tetap tenang dan tidak was-was.

Bersihkan rumah

Bersihkan rumah yang kamu tinggali sebelum ataupun saat karantina. Gunakan alkohol 70%, antiseptik dan pembersih bebas kuman. Hal ini untuk mengurangi penyebaran virus yang tidak disadari. Apartemen yang bersih juga lebih nyaman ditinggali berhari-hari.
Walaupun instruksi karantina belum ada, setidaknya kamu sudah paham pengertian karantina dan siap menghadapinya jika suatu hari terjadi. Yuk jangan panik dan bagikan info ini ke temanmu yang membutuhkan. (mg2)

 31 total views,  9 views today

Share :

Baca Juga

SEPUTAR CELEBES

Kabupaten Luwu Utara -
KTP Lutra Lanjut, Non Lutra Balik

Makassar

Raika Bergerak, Ratusan Genk Motor di CPI Ngacir

Politik

KPU Tunda Tahapan Pilkada. Nurmal: Berpotensi Menunda Hari H

Makassar

Haru Ketika Antar Sembako, Iqbal Sebut Mungkin Saja Ini tak Cukup

Pendapat Redaksi

Pendapat Redaksi -
Pilkada 2024, Sinyal Bahaya Petahana

Makassar

Tersedia 200 Porsi yang Daftar Ribuan Orang, Seleksi Damkar Makassar Dijaga Legislator

Daerah

Pendapatan Hanya Rp 5 M, Pemerintah Gelontorkan Rp 45 M Percantik Bira

Opini

OPINI
Kelangsungan Demokrasi di Tengah Taruhan Nyawa Pemilih
Chat Sekarang
Butuh Bantuan ?
Salam Kami Celebes Terkini.
Apa yang bisa kami bantu ?