Monday 26 September 2022
spot_img

Patut Dicontoh, di Surabaya Layanan Kesehatan Hanya Perlu Perlihatkan KTP

  • GRATIS – Pemerintah Kota Surabaya mengeluarkan kebijakan luar biasa. Warganya yang ingin mendapat layanan kesehatan hanya perlu memperlihatkan KTP untuk berobat. (FOTO:TRIBUN)

CELEBESTERKINI.com, Surabaya – Tak perlu lagi urus BPJS, warga Surabaya kini bisa berobat gratis ke rumah sakit cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Ini merupakan program Pemberlakuan Jaminan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Layanan kesehatan ini bisa dilayani di sejumlah rumah sakit yang bekerja sama dengan Pemkot Surabaya dan BPJS Kesehatan, 63 Puskesmas di Surabaya serta sejumlah Klinik Utama. Tidak hanya itu, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dipastikan sudah tidak berlaku lagi. Warga tak perlu ribet mondar-mandir mengurus ke RT/RW dan kelurahan.

Terobosan yang dilakukan Kota Surabaya dengan memangkas semua rantai persyaratan menerima layanan kesehatan ini bisa menjadi role model di Indonesia. Ini memastikan semua warganya bisa memperoleh layanan kesehatan cukup mengunakan KTP saja. Namun, kemudahan dalam berobat di rumah sakit ini tentu membuat warga yang tak memiliki KTP Surabaya gigit jari.

Termasuk mereka yang sudah puluhan tahun tinggal di Surabaya tetapi statusnya belum warga Surabaya. Selain itu, ada beberapa warga yang sudah mengurus KTP tetapi hingga saat ini KTP-nya belum jadi. (JPNN/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru