Tuesday 27 September 2022
spot_img

Pasca Covid19, Kini Cacar Monyet dan Jangkiti Perilaku Menyimpan Ini

  • CACAR MONYET – Untuk saat ini wabah ini terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Jakarta – Pasca Covid19 sedikit mereda dunia kini menghadapi krisis kesehatan baru. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, level alarm tertinggi.
“Saya memutuskan cacar monyet sebagai public health emergency of international concern (PHEIC) atau darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian nasional,” ungkap Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari Channel News Asia, yang dilansir laman detik.com, Sabtu (23/7/2022).

Tedros menyebut keputusan penetapan status PHEIC ini berdasarkan rapat darurat bersama komite WHO. Bulan lalu, kasus cacar monyet berjumlah 3.040 kasus dan tersebar di 47 negara. “Sejak itu, wabah terus berkembang, dan sekarang ada lebih dari 16.000 kasus yang dilaporkan dari 75 negara dan wilayah, dan lima kematian,” katanya.

“Kami memiliki wabah cacar monyet yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat, melalui mode penularan baru, yang terlalu sedikit kami pahami, dan yang memenuhi kriteria dalam International Health Regulations,” sambung dia.

Tedros menegaskan ada kekhawatiran jelas terkait wabah cacar monyet secara internasional. Menurut WHO, cacar monyet tergolong moderat secara global di semua wilayah, terkecuali di kawasan Eropa yang risikonya dianggap tinggi. “Meskipun saya mendeklarasikan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, untuk saat ini wabah ini terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual,” kata Tedros. (dtc/Sam)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru