Home / Nasional / Utama

Sabtu, 15 Februari 2020 - 21:04 WIB

Pakai Adat Bugis, Ini Suasana Pernikahan Ana’ Dara Bugis yang Bikin Kepincut Putra Cendana

FOTO: Istimewa

JAKARTA, CELEBESTERKINI – Anggun dan sangat megah. Seperti itulah untuk menggambarkan suasana proses akad nikah antara Cucu mantan Presiden Soeharto, Danny Rukmana, yang akhirnya resmi mempersunting kekasihnya, ana’ dara cantik asal Bugis, Raiyah Chitra Caesaria.

Lewat satu tarikan napas, putra Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto) itu berhasil mengucapkan ikrar akad nikah di hadapan penghulu di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (15/2).
Acara akad nikah tersebut digelar dengan adat Bugis-Makassar dengan saksi Jendral Purnawirawan H. Tri Sutrisno dan dari pihak mempelai wanita H. Andi Tabussalam.

Foto: DETIKcom
Foto: Istimewa

Usai pembacaan akad nikah, masih ada prosesi adat yang harus dilakukan oleh Danny, yakni Ketok Pintu. Ia bersama perwakilannya akan memasuki sebuah kamar di mana pengantin wanita berada dan harus mengetok pintu dan meminta izin terlebih dahulu.

ISTIMEWA

Usai berhasil masuk dalam kamar tersebut, Danny dan Raiyah akan melakukan adat Mapasikarawa yakni upacara batal wudhu.

Ini adalah prosesi adat pernikahan Bugis. Suami akan menyentuh beberapa bagian tubuh istrinya seperti telinga agar sang istri selalu patuh pada suami, menyentuh kerongkongan sang istri agar makanan yang masuk adalah makanan yang halal, dan terakhir menyentuh dada istri sebagai doa untuk diberikan kesuburan.

ISTIMEWA
Mempelai pria didampingi kedua orang tuanya, Mbak Tutut dan suami (ISTIMEWA)

Raiyah adalah keponakan dari Andi Darussalam Tabussala, mantan Ketua KONI Sulsel. Andi Darussalam bersuamikan Andi Tenriangka, saudara kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Danny berkenalan dengan sosok Raiyah sejak akhir Februari 2018 lalu saat berada di Singapura. Raiyah pun mengaku jika pertemuan mereka disebabkan karena sepupunya.

Ini adalah pernikahan kedua bagi Danny Rukmana setelah sebelumnya menjalin rumah tangga dengan Lulu Tobing selama 10 tahun. (dtc/mg2)

Share :

Baca Juga

Internasional

Lawan Corona, Arab Saudi Berlakukan Jam Malam. Bisa Diterapkan di Indonesia?

Makassar

Pendapatan Rp 8 Juta/Hari, Ini Curhat Direksi Perusda Terminal

Kesehatan

Sulsel Kembali NOL, Ketiban Sial karena Imported Case

Makassar

Ini Tiga Hal yang Mengancam Matinya Budaya Bugis Makassar

Politik

NUSA Sebut Rahman Assegaf Alternatif Membahayakan

Internasional

Pesawat Lionair yang Jatuh di Filipina Bukan Lion Air. Begini Penampakannya

Utama

Ini Daerah di Sulsel yang Disebut BMKG Terancam Banjir

Hiburan

Maharnya Senilai Rp 12,5 M, Begini Cantiknya Putri Bupati Jeneponto yang Dipinang Putra Bupati Konawe