Home / Kesehatan / Utama

Minggu, 29 Maret 2020 - 14:48 WIB

Pak Desa, Ini Kegiatan Pencegahan COVID-19 Bisa Pakai ADD

FOTO: Kepala Desa Labokong, Soppeng, H. A. Matalatta (kuning) saat memberikan arahan kepada petugas sebelum melakukan penyemprotan disinfektan di desanya, Jumat.


MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengeluarkan surat edaran tentang pedoman pelaksanaan desa tanggap virus COVID-19. Edaran itu untuk mempersempit celah penyebaran virus mematikan ini.

Edaran bernomor 443.2/2168/DPMD tertanggal 27 Maret 2020 ini memberikan kewenangan kepada para Kepala Desa untuk menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk memerangi Virus Corona.

Kepala Desa diberi hak untuk segera menggunakan dana itu baik jika sudah tersedia maupun belum. Jika tak dianggarkan para kepala desa diminta segera untuk melakukan perubahan anggaran secepatnya.

Baca Juga  Kades Ini Serahkan Seluruh Gajinya Untuk Buat 3.000 Lembar Masker

Gubernur Sulsel memberikan penggarisan berupa delapan kegiatan prioritas yang bisa dilakukan dengan menggunakan dana desa itu. “Anggaran diarahkan untuk pembuatan posko gugus tugas covid-19 di masing-masing desa, plus untuk operasional posko,” tulis Gubernur.

Selain itu, anggaran bisa digunakan edukasi dan sosialisasi tentang hidup bersih. Melakukan kampanye dan publikasi melalui pemasangan banner serta untuk pengadaan alat dan bahan kelengkapan penyemprotan disinfektan

Anggaran itu juga bisa digunakan untuk pengadaan masker, cairah pembersih, alat pendeteksi suhu tubuh, alat pelindung diri dan alat kesehatan lainnya. Desa juga diminta membangun fasilitas cuci tangan di berbagai fasilitas umumnya. Bahkan, desa juga bisa membangun ruang isolasi skala desa.

Baca Juga  Perkenalkan, Ini Destinasi Baru Wisata Soppeng. Air Panas Bucello

Kepala Desa Labokong, Soppeng, H. A. Mattalatta mengaku apresiatif dengan edaran itu. “Karena selama ini kita bergerak terbatas karena memang tak ada anggarannya. Kebanyakan para kepala desa menggunakan dana dari kantong sendiri. Sekarang sudah jelas payung hukumnya,” ujarnya. (mg3)

 27 total views,  3 views today

Share :

Baca Juga

SEPUTAR CELEBES

Mau Lolos Masuk Soppeng? Ini Caranya

SEPUTAR CELEBES

AKAR Kembali Bidik Angka ‘Keramat’ 8 Persen, Yakin Segera Keluar dari Tekanan Pandemi

Olahraga

Inggris (2) vs Jerman (0) -
Berakhirnya Kutukan The Three Lions

Hiburan

Beverly Johnson, Model Pemuas Syahwat Mike Tyson

Politik

Di Depan PKB, Ini Cara Amirullah Nur Entaskan Kemiskinan di Maros

Makassar

Minol Marak Jelang Ramadhan, Wahab Desak Pemkot Segera Kendalikan

Daerah

Kunci Perbatasannya, Soppeng Terlarang Untuk Panas di Atas 38 Derajat

Politik

Musda X Partai Golkar Sulsel
Voting: Hamka Kady, Aklamasi: Supriansa – Taufan Pawe
Chat Sekarang
Butuh Bantuan ?
Salam Kami Celebes Terkini.
Apa yang bisa kami bantu ?