Wednesday 01 February 2023
spot_img

Nurani Strategic Sebut Puan Maharani Perlahan Mengancam Capres Lain

  • MENGANCAM – Ketua DPP PDIP Puan Maharani dianggap bisa terus mengancam capres lain. Sejumlah faktor penentu menjadi alasannya. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Ketua DPRRI Puan Maharani disebut perlahan mulai mengancam calon presiden lain menuju Pemilu 2024.

Pemilihan yang masih menyisakan 13 bulan ini dianggap memberi kesempatan kepada Puan untuk terus mengkapitalisasi dukungannya. “Saya ingin katakan, dia punya segalanya untuk terus menaikkan keterpilihan. Dia memiliki infrastruktur untuk terus mendekati pemilih baik lewat serangan udara maupun serangan darat,” kata Direktur Nurani Strategic Consulting, Dr. Nurmal Idrus, MM, di Makassar, Selasa, 17 Juni 2023.

Sejumlah alasan dikemukakan oleh mantan Ketua KPU Makassar untuk menyebut peluang Puan yang terus menguat. “Pertama, dia punya infrastruktur partai di PDIP yang terkenal liat, militan dan loyal. Keluarganya mengendalikan penuh PDIP dengan struktur partai yang lengkap hingga strata terendah pemilih,” tambahnya.

Direktur Nurani Strategic Consulting, Dr. Nurmal Idrus, MM.

Kedua kata penulis buku Anda Caleg Buku Ini dan 25 Taktik Jitu Menang Pilkada ini, sebagai pimpinan PDIP yang menjadi pemenang Pemilu 2019, Puan mengendalikan nyaris seluruh komponen birokrasi yang bisa mengendalikan pemilih. “Suka atau tidak suka, Puan dan PDIP kini berada di pucuk tertinggi pengendalian birokrasi negeri ini. Jika mereka mengelola dengan baik, maka itu menjadi dorongan dahsyat bagi perjalanan keterpilihannya menuju Capres 2024,” ujarnya.

Faktor lain kata konsultan politik yang berbasis di Makassar ini adalah sektor kemampuan finansial untuk membiayai kampanye yang dianggap tak berbatas. “Faktor terpenting dalam kontestasi perebutan suara seperti pilpres adalah material finansial untuk mendorong keterpilihan. Itu dimiliki olehnya bahkan mungkin tak berbatas,” tambahnya.

Meski demikian, Nurmal, mengakui personal Puan masih kalah pamor dengan sejumlah capres populer lain seperti Prabowo, Anies dan Ganjar. “Kelemahannya pada faktor personal yang dianggap belum mampu menyaingi figur lain. Tapi menurut saya, jika semua faktor keuntungan di atas dimaksimalkan, dimanajemen dengan baik, maka Puan bisa sangat mengancam bagi figur lain ketika penghitungan suara berakhir di TPS,” tukasnya. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru