Monday 26 September 2022
spot_img

Nurani Strategic Apresiasi Pembentukan Komite Audit Perusda

  • PELANTIKAN PERUSDA – selama ini peran Dewas menjadi sangat lemah karena tak adanya back up audit yang dijadikan dasar untuk melakukan pengawasan. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Direktur Nurani Strategic, Dr. Nurmal Idrus, MM, mengapresiasi keputusan pembentukan Komite Audit di masing-masing Perusahaan Daerah (Perusda) di jajaran Pemkot Makassar.

Nurmal menyebut langkah yang diambil Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto itu sebagai keputusan strategis dalam upaya menggenjot kinerja Perusda. “Itu langkah strategis dan memang sangat diperlukan. Dengan adanya Komite Audit, peran Dewan Pengawas dimasing-masing Perusda akan menjadi lebih efektif dan berdaya,” kata mantan Ketua KPU Makassar ini.

Dr. Nurmal Idrus, SE, MM

Nurmal yang juga mantan anggota Dewan Pengawas PDAM Makassar, mengatakan selama ini peran Dewas menjadi sangat lemah karena tak adanya back up audit yang dijadikan dasar untuk melakukan pengawasan. “Akibatnya, apapun yang dilaporkan oleh Direksi kepada Dewas sulit untuk dikuliti. Kenapa, karena Dewas sama sekali tak punya kewenangan audit dan memang tak punya back up data untuk memaksimalkan pengawasan,” tambahnya.

Nurmal menyarankan agar Komite Audit tak hanya bergerak di wilayah audit keuangan Perusda saja. “Tetapi mereka bisa juga bergerak dalam wilayah yang lebih luas yaitu terkait audit layanan, audit kinerja direksi dan karyawan dan lain sebagainnya,” tukasnya. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru