Tuesday 06 December 2022
spot_img

Nasdem Tolak Koalisi Golkar, Bagaimana Nasib Soppeng, Tator dan Selayar

FOTO: Rusdi Masse membonceng Nurdin Halid dalam sebuah kesempatan kampanye di Pilgub 2018 lalu. (Int)

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Penolakan terang-terangan terhadap rencana Koalisi Nasdem – Golkar di Pilwali Makassar yang diungkapkan para pimpinan Partai Nasdem Sulsel, bisa berimbas kemana-mana.

Setidaknya, ada tiga daerah lain selain Makassar dimana kader Nasdem dan Golkar berpeluang bersama. Ketiga daerah itu adalah Tana Toraja, Soppeng dan Selayar. Jika Nasdem tetap ngotot menolak koalisi di Makassar maka bisa saja memengaruhi kebijakan Golkar dalam penentuan koalisi di tiga daerah itu.

Di Tanah Toraja, kader Nasdem yang juga Bupati petahana Nicodemus Biringkanae digadang-gadang kembali berpasangan dengan wakil Bupati petahana, yang juga Ketua Golkar Tana Toraja, Victor Datuan.

Di Soppeng, petahana yang juga Ketua Golkar Soppeng Andi Kaswadi Razak terlihat sudah klop dengan wakil ketua Nasdem Sulsel, Luthfi Halide. Di Selayar petahana Basli Ali juga sudah semakin dekat dengan Ketua Nasdem Selayar Ady Ansar.

Sebelumnya, Jumat (13/3), Ketua dan Sekertaris Nasdem Sulsel, Rusdi Masse dan Syahruddin Alrif menyatakan bakal menolak pasangan Dani Pomanto dengan kader Golkar di Pilwali Makassar. Keduanya ngotot untuk memasangkan Dani dengan None alias Irman Yasin Limpo.

Beberapa waktu lalu, Ketua Golkar Sulsel Nurdin Halid dengan tangan terbuka menyambut koalisi dengan Nasdem dengan syarat saling menguntungkan. Menurut Nurdin, hal itu biasa saja dan tidak perlu dipersoalkan. Ia menjelaskan, politik adalah lobi-lobi dan bargaining atau tawar-menawar. “Itu biasa saja. Misalnya di suatu daerah Nasdem ambil Golkar, tapi Golkar ambil Nasdem di daerah lain, kan begitu. Di suatu daerah Golkar cukup mengusung dan tidak perlu koalisi, tapi ada daerah lain kita butuh partai lain. Maka kita bilang ke partai lain saya ambil kamu di daerah ini, tapi di daerah sana kamu bisa ambil Golkar,” jelas Nurdin, Selasa (11/2/2020) lalu. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru