Monday 26 September 2022
spot_img

Minimarket Baru Bermunculan, Pemkot Bilang Itu tak Ada Izin

  • PROTES MINIMARKET – LSM Perak mempersoalkan terus bermunculannya minimarket di Kota Makassar. Mereka mendesak Pemkot menghentikan izin baru. Pemkot bilang itu tak ada izin, lalu kenapa tak ditertibkan.

Minimarket di Makassar bermunculan, namun Pemkot Makassar lewat Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) menyatakan tak ada lagi izin minimarket baru. Jumlah minimarket yang terakhir dicatat adalah 561 unit.

Kepala Dinas PTSP Kota Makassar, A. Bukti Djufrie, membeberkan data itu. Ia menyampaikan sejumlah data minimarket yang memenuhi izin mendirikan bangunan, izin prinsip, maupun izin usaha. Sejauh ini, pihaknya mengantongi izin alfamart sebanyak 245 unit, dan indomaret 316 unit, total 561 unit. Sempai saat ini, Pemerintah Kota Makassar telah mengatur untuk tidak lagi mengeluarkan izin untuk penambahan unit. “Kami punya data alfamart 245 unit dan indomaret 316 unit yang memenuhi izin usaha, mendirikan bangunan dan telah memenuhi syarat sesuai Standar Operasional Pelayanan (SOP),” katanya, beberapa waktu lalu.

Data itulah yang dipersoalkan LSM Pembela Rakyat (Perak) yang mempersoalkan makin maraknya minimarket di Kota Makassar.

Junaidi Hasim, dari Perak dalam pernyataannya memaparkan temuannya terkait maraknya tindakan minimarket atau Alfamart/Indomaret yang berdampak pada minimnya pendapatan warung pemilik warga setempat. “Sampai hari ini kami menemukan sejumlah alfamart atau indomaret yang kami duga menggunakan bangunan tidak sesuai dengan peruntukkannya sehingga menurut kami itu mematikan pedagang-pedagang sekitar. Kami harap adanya pembatasan untuk itu,” ujarnya.

Anggota DPRD Makassar, Hj. Apiaty menyatakan sudah mempertemukan kedua pihak, PTSP dan LSM. Ia beralasan bahwa keduanya sudah mencapai kesepakatan dan pihaknya merasa persoalan ini sudah jelas. Sebab, PTSP memberikan kesempatan kepada pihak LSM untuk melaporkan minimarket yang diduga melanggar. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru