Saturday 10 December 2022
spot_img

Merasakan ‘Sengsara’ di Poros Bulu Dua

  • RUSAK – Pengendara berupaya menghindari kubangan berbentuk kolam di Poros Bulu Dua, Makassar – Soppeng. Ruas ini dalam kondisi rusak berat padahal menjadi rute favorit warga Soppeng dan Wajo. (IST)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Kolam yang sebenarnya di tengah jalan itu nyata. Jika tak percaya cobalah menjajal ruas Makassar – Soppeng via Bulu Dua.

Dari Pekkae, Barru, hingga Takkalala, Soppeng, dengan jarak sekira 65 KM, puluhan cekungan dalam bak kolam ikan mengadang. Kolam-kolam kecil jangan dihitung, jumlahnya hingga ratusan.

Celebesterkini.com, yang menjajal ruas legendaris ini, Kamis, 8 April 2021, merasakan penderitaan dan kesengsaraan yang teramat sangat. “Ini mungkin masih lebih baik ketika jaman Belanda dulu,” kata salah seorang rekan jurnalis yang ikut dalam perjalanan ini.

Kerusakan terparah berada di Kecamatan Tanete Riaja, Barru. Hanya beberapa meter pasca belok kanan dari Trans Sulawesi di Pekkae, kerusakan jalan memilukan sudah muncul. Tak ada celah untuk menghindar dan harus memasrahkan ban mobil masuk ke dalam kubangan. Kendaraan kecil yang punya tinggi range rendah harus kandas berkali-kali.

Kerusakan terjadi pada semua titik di ruas ini. (Foto: teropongsulawesi.com)

Kondisi jalan rusak di wilayah Barru mewarnai perjalanan bahkan hingga perbatasan Soppeng di puncak Bulu Dua. “Sudah banyak mi kecelakaan di sini. Hampir tiap malam ada pemotor yang jatuh,” kata Rahmat, pemuda yang ditemui di Ralla, Barru.

Memasuki Soppeng, kondisi setali tiga uang. Kubangan di Soppeng tak sebesar di wilayah Barru. Namun, tak bisa dibilang mulus. Nyaris tak ada potongan jalan yang mulus. Kerusakan paling parah terjadi di Gattareng, antara Wae Puteh hingga Cennae.

Dari Dinas PU Sulsel yang menjadi penanggungjawab pemeliharaan jalan Ruas Bulu Dua ini karena berstatus jalan provinsi, tak diperoleh informasi resmi mengenai nasib ruas ini.

Sekertaris PUPR Sulsel, Edy Rahmat kepada media beberapa waktu lalu mengaku sudah mendapat laporan mengenai kerusakan di Poros Bulu Dua ini. “Kami sudah mendapat laporan dari satker masing-masing. Namun kami hanya akan memperbaiki beberapa bagian saja karena tak semua rusak,” kata Edy yang kini dalam penanganan KPK pasca ikut tertangkap dalam operasi penangkapan oleh Gubernur Sulsel non aktif, Nurdin Abdullah. (*/mal)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru