Tuesday 06 December 2022
spot_img

Mendagri Keluhkan Anggaran Pilkada, Di Soppeng Aman

Foto: KPU dan Bawaslu Soppeng saat meneken nota anggaran Pilkada dengan Bupati Soppeng, beberapa waktu lalu. Anggaran Pilkada Soppeng aman. (tribun)

CELEBESTERKINI – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menginstruksikan jajaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan pemerintah daerah mencairkan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. 

Tito meminta Inspektorat Jenderal dan Direktorat Jenderal yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada 2020, memastikan anggaran masuk ke penyelenggara pemilihan.

“Kita memiliki jajaran inspektorat yang memiliki garis langsung dengan provinsi, kabupaten/kota kota, jadi nanti Dirjen Kemendagri saya minta untuk mengecek dan meyakinkan bahwa anggaran tersebut masuk,” ujar Tito di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (17/01/2020). Tito mendengar ada keluhan beberapa KPU daerah yang belum bisa menjalankan tahapan Pilkada karena Pemda belum mencairkan anggarannya.

Dari Soppeng dikonfirmasi bahwa pemkab daerah ini sejak penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), dengan KPU pada awal Oktober 2019 lalu, sudah mencairkan anggaran pilkada untuk KPU. “Kita tak ada masalah. Dananya tersedia dan KPU sudah bisa menggunakannya bahkan sejak 2019 lalu,” Kata Kepala DPKAD Soppeng, Drs. H. Dipa, M.Si, Sabtu (18/1).

Dipa memastikan hingga pelaksanaan Pilkada di September 2020, dana yang disepakati dengan KPU sudah standby. “Kami memastikan tak ada kendala dengan ketersediaan anggaran. Silahkan KPU dan Bawaslu menggunakannya,” tambahnya.

Sekedar diketahui NPHD Pilkada untuk KPU Soppeng sebesar Rp 25 miliar lebih. Untuk tahun anggaran 2019 dialokasikan sebesar Rp 601 juta lebih dan tahun anggaran 2020 sebesar Rp 24 miliar lebih. Sementara alokasi dana hibah untuk Bawaslu Soppeng sebesar Rp 8 miliar. Pada tahun 2019 dialokasikan Rp 275 juta lebih dan tahun 2020 sebesar Rp7.7 miliar lebih. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru