Home / Politik / Utama

Rabu, 18 Desember 2019 - 17:11 WIB

Mencari Penantang Petahana Soppeng

Soppeng – Penantang petahana Soppeng? pertanyaan yang terasa menggelitik jika itu disampaikan di Soppeng jelang pilkada 2020 seperti sekarang. Nyaris semua kalangan di Soppeng sepakat bahwa tak ada figur dengan kemampuan yang bisa menyetarai figuritas petahanan Andi Kaswadi Razak, saat ini.

Faktanya, AKAR mampu mengubah banyak hal di Soppeng. Angka kemiskinan menurun, gini ratio yang makin menipis, pengangguran yang terus ditekan, IPM yang menurun dan tentu saja wajah kota Watansoppeng yang berbeda 180 derajat dibanding beberapa tahun lalu.

AKAR sukses mempertahankan pertumbuhan ekonomi Soppeng di atas 8 persen. Dampaknya, perputaran ekonomi menjadi dinamis, uang tunai tertahan di Soppeng dan tak lagi mengalir ke Sengkang, tempat pembuangan uang warga Soppeng saat ini.

Fakta itu membuat AKAR sulit ditumbangkan. Nalar politik apapun sulit membenarkan bahwa AKAR bisa ditumbangkan kali ini.

Tapi sesulit itukah menumbangkan AKAR? tentu tidak. AKAR tetap punya banyak celah untuk bisa dikalahkan. Meski itu memerlukan usaha keras. Masalahnya, ada kah figur di Soppeng yang mampu melewatinya.

Mantan Konsultan AKAR SUPER di Pilkada 2015, Dr. Nurmal Idrus, mengakui AKAR kini lebih tangguh. “4 tahun lalu AKAR bertarung dengan kekuatan yang compang camping. Tapi masih bisa menang. Sekarang, tentu jauh lebih kuat,” katanya.

Nurmal mengaku sulit menemukan celah untuk menumbangkan AKAR. “Saya sudah lebih 10 tahun di dunia konsultansi politik dan saya sulit menemukan cara menumbangkannya,” ujarnya. Kinerja AKAR yang moncer kata Nurmal membuat posisi politik AKAR sangat kuat. “Orang Soppeng melihatnya kerja keras. Itu membuat pemilih di sini sulit untuk berpaling dari dirinya,” tambahnya.

Nurmal menyarangkan meski sulit, agar tetap ada yang menantang AKAR. Itu agar menghindarkan Pilkada Soppeng dari kemungkinan kolom kosong. “Kolom kosong itu merusak demokrasi. Pemilih tak punya banyak pilihan pilihan untuk figur yang disukai. Selain itu, jika ada yang mampu menantang AKAR 2020 ini, maka itu point penting bagi figur penantang itu jika bertarung di pilkada selanjutnya,” tutupnya. (osa)

Share :

Baca Juga

Utama

Duh.. Lagu “Soulmate” BCL Mengantar Kepergian Sang Suami

Utama

Ngeri… Pesan Internal Boeing, 737 Max Dirancang ‘Badut’

Utama

Honorer Mau Dihapus, Kerja Makin Susah, Mati deh… 😭😭

Makassar

Kekuatan Soppeng di Balik Pengalihan Rumit Pengelolaan Stadion Mattoanging

Utama

Andi Wahyu Gunawan, Mantan Korcam Akar Super yang Menang di Pilkades Ganra

Daerah

Buat Kapolda Terkesan, Ini Ruangan “Mata-Mata” Pemkab Soppeng yang Mirip Star Wars

Politik

Kontrol 11 Kursi, Koalisi Golkar – Demokrat di Pilwali Makassar, Segera Terwujud

Politik

Rekomendasi Menggantung, Golkar Ingin Tunjukkan Masih Jadi Pengendali Politik di Sulsel