Tuesday 06 December 2022
spot_img

Membludak, Petugas Kewalahan Tangani Antusiame Tes Massal COVID-19

Petugas melayani warga yang ingin melakukan tes cepat COVID19 di Pasar Pa’baeng-baeng, Selasa, 12 Mei 2020.




CELEBESTERKINI.com, Makassar – Warga Makassar agaknya memang menunggu kapan pelaksanaan Rapid Test secara massal dilakukan Pemerintah Kota Makassar.

Buktinya, baru sehari menggelar tes cepat di Pasar Pa’baneng-baeng, Selasa, 12 Mei 2020, tadi, antusiasme warga membuat peserta tes membludak. Petugas terlihat sedikit kewalahan dengan itu.

Suasana hiruk pikuk pasar besar yang berada di Sultan Alauddin itu berubah. Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb terlihat berbaur dengan petugas dan sesekali memberi semangat kepada warga agar bertahan untuk antri. “Rapid Test ini untuk men screening penyebaran virus, apalagi kita disini hampir setiap saat berinteraksi dengan banyak orang. Jadi hanya sebentar saja, diambil darahnya dan hasilnya bisa keluar dalam waktu yang tidak lama, dan ini tidak dikenakan biaya” ujar Iqbal saat mendatangi satu persatu pedagang di Pasar Pa’baeng-baeng, Selasa (12/5/2020).

Untuk Rapid Test massal ini, Iqbal menargetkan 6.943 pedagang dan 100 kolektor yang tersebar di 18 pasar tradisional, 2.068 Jukir, serta 10.000 Ojol, yang melibatkan 47 Puskesmas se kota Makassar, dan melibatkan lintas sektor terkait. Alat Rapid Test sendiri merupakan bantuan dari Pemprov Sulsel sebanyak 20.000 unit.

Selain di Pasar Pa’baeng-baeng, Iqbal juga mendatangi Puskesmas Tamalate untuk melihat proses Rapid Test yang ditujukan oleh para juru parkir.

Pedagang mengaku terbantu dengan program itu. “Sebab, kita ini kan tahu bahayanya ini virus. Tapi kita tak punya waktu ke puskesmas dan khawatir biayanya mahal,” ujar Daeng Rani, di loss sayur mayur.

Pemerintah Kota Makassar gelar Rapid Diagnostic Test (RDT) secara Massal selama 4 hari, terhitung 12-15 Mei 2020. RDT yang digelar menetapkan target screening bagi pedagang pasar, pengemudi ojek online (Ojol) dan juru parkir (Jukir). (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru