Tuesday 06 December 2022
spot_img

Membandingkan Isi Paket Sembako Makassar, Jakarta dan Jawa Barat. Siapa Lebih Banyak?

FOTO: Perbandingan sembako antara Jakarta, Jawa Barat dan Makassar. ([email protected])



CELEBESTERKINI – 21 April 2020 hari ini, Pemerintah Kota Makassar mulai menyalurkan sembako untuk warga Makassar jelang pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 24 April 2020.

Ada tiga wilayah yang sudah mengumumkan pemberlakukan PSBB mereka disertai dengan pembagian sembako yang diharapkan bisa menggantikan kebutuhan warga terdampak selama masa PSBB itu. Ketiganya adalah Jakarta, Jawa Barat dan Makassar. Beberapa hari belakangan ini, jagat media sosial diramaikan dengan foto perbandingan bantuan sosial dari Pemprov DKI Jakarta dengan Jawa Barat selama pandemi virus corona. Bantuan sosial berupa sembako itu disebut-sebut lebih banyak dari Jawa Barat dibandingkan dengan DKI Jakarta. Lalu, jika dibandingkan dengan Makassar mana yang lebih banyak dari kedua wilayah ini.

Celebesterkinicom mencoba membandingkan isi dari kantongan sembako itu dari berbagai sumber dan membandingkan dengan ketiganya. Perbandingan sembako Jakarta dan Jawa Barat dapat dilihat pada foto yang diunggah oleh akun Twitter @narkosun. Ia bertanya-tanya dengan kebenaran jumlah item barang dalam sembako yang tampak lebih banyak dari paket sembako Jawa Barat daripada Jakarta. “Banyak beredar foto perbandingan bansos DKI vs Jawa Barat di TL. Beneran kah seperti ini,” tulis akun itu, dikutip pada Jumat (17/4/2020).

Dalam foto itu, tampak paket sembako dari Jawa Barat berisi barang-barang senilai Rp 350.000 dan uang tunai sebesar Rp 150.000. Sementara, paket sembako dari DKI Jakarta berupa barang sebesar Rp 149.500 tanpa uang tunai di dalamnya.

Setelah dikonfirmasi, paket bantuan yang diberikan Pemprov Jawa Barat berbeda dengan Jakarta. Jawa Barat menyalurkan paket bantuan sebulan sekali, sementara DKI Jakarta menyalurkan bantuan seminggu sekali.

Adapun isi paket bantuan dari Pemprov Jawa Barat berupa bantuan tunai sebesar Rp 150 ribu per keluarga per bulan dan bantuan pangan non tunai mulai beras 10 kg, terigu 1 kg, Vitamin C, makanan kaleng 2 kg (4 kaleng), gula pasir 1 kg, mi instan 16 bungkus, minyak goreng 2 liter, dan telur 2 kg, senilai Rp 350 ribu per keluarga per bulan.

Dana untuk bansos tersebut, berasal dari Pemda Provinsi Jabar dengan anggaran sebesar kurang lebih Rp 4,6 triliun (di luar untuk distribusi) dari APBD. Rencananya bansos akan disalurkan selama empat bulan dari April hingga Juli.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp 179,4 miliar. Paket sembako yang diberikan berupa barang senilai RP 149.500 tanpa uang tunai yang diberikan setiap minggunya. Paket tersebut berisi beras 5 kg 1 karung, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 lt 1 pouch, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 pcs, dan sabun mandi 2 batang.

Lalu, bagaimana dengan Makassar. Celebesterkinicom belum mendapatka foto isi sembako Makassar. Namun, lewat fasilitas WA, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Dr. Mukhtar Tahir, menyampaikan foto list isi dari kantongan sembako untuk warga Makassar. Isinya cukup beragam dan terhitung banyak macamnya. Diantaranya, beras ukuran 5 kg sebanyak 2 zak, gula pasir 1 kg, minyak goreng 2 liter, susu 4 kaleng, ikan sarden 10 kaleng, mie instant 4 dus, sabun mandi 2 batang, sabun cuci pakaian 2 bungkus, pasta gigi 2 buah dan sabun cuci piring 2 bungkus. “Nilainya dikisaran Rp 500 ribuan,” kata Muktar Tahir. Tak ada uang tunai seperti di Jawa Barat.

Sama dengan Jawa Barat, Pemkot Makassar juga hanya akan menyalurkan sembako sekali selama masa PSBB. Kecuali jika PSBB berlanjut maka kemungkinan paket sembako akan dilanjutkan tiap bulan. “Kita berharap itu dapat memenuhi kebutuhan warga terdampak selama dua pekan atau bahkan hingga sebulan,” ujar Mukhtar Tahir. Pemprov DKI Jakarta sendiri membagikan sembakonya setiap pekan.

Jadi, boleh saja kita membandingkannya. Namun yang lebih penting adalah berapapun jumlahnya itu sudah bisa menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap dampak dari wabah COVID-19 ini. (Mal)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru