Monday 26 September 2022
spot_img

Mau urus Surat Cerai tak Punya Uang, Ini Caranya

  • PENGADILAN – Sejumlah warga mendatangi Pengadilan Agama Kelas 1 Makassar. Biaya urus surat cerai Kini bisa ditanggung Pemkot Makassar. (FOTO: IST)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Tak bisa dipungkiri, perceraian adalah momok yang paling menakutkan dalam sebuah pernikahan.

Biasanya, perceraian akan dimulai dengan seringnya percekcokan, perbedaan pendapat, hingga orangh ketiga. Bahkan, hal kecil pun bisa menjadi alasan perceraian. Saat berniat untuk memutuskan perceraian, selain mempersiapkan mental dan fisik, hal yang juga harus diperhatikan juga adalah biaya mengurus surat cerai. Biaya mengurusnya berbeda-beda tiap daerah. Namun di Makassar berada pada kisaran sekira Rp 678 ribu hingga Rp 961 ribu.

Anggota DPRD Makassar, Yenni Rahman.

Anggota DPRD Kota Makassar Yeni Rahman (F-PKS) mengatakan saat ini persoalan seperti itu sebenarnya bukan lagi masalah di Makassar. Pasalnya kota ini punya Perda No. 7 Tahun 2015 tentang Penyelengaraan Bantuan Hukum. “Perda ini merupakan inisiatif teman-teman di DPRD melihat begitu banyak nya kasus kasus yang terjadi di tengah masyarakat, seperti misalnya perceraian yang notabene terkait dengan biaya, dan segala macamnya. Maka dari itu pemerintah hadir untuk mengakomodir persoalan itu,” ungkapnya di Makassar, beberapa waktu lalu.

Yeni Rahman berharap perda ini bisa bermanfaat bagi warga kota Makassar yang nantinya jika berproses dengan hukum. “Saya berharap perda ini kita pegang baik-baik untuk kita pelajari, suatu saat mudah-mudahan berguna bagi kita,” katanya.

Kepala Bagian Hukum Pemkot Makassar DR. Hari S.ip SH MH M.Si dalam kesempatan sama mengungkapkan pihaknya sebagai fasilitator untuk masyarakat dengan Lembaga Hukum yang telah disediakan sesuai dengan perda ini untuk melayani masyarakat kurang mampu tersebut. “Perda ini mewujudkan bagaimana tercapainya keadilan untuk kesamaan hak bagi warga yang tidak mampu maupun warga yang mampu. Kami bagian Hukum pemkot makassar sebagai penyedia layanan ini dan bisa melalui lurah ataupun camat,” pungkasnya. (SAH/REN)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru