Tuesday 06 December 2022
spot_img

Mau Pulang ke Lutra, Siapkan Surat Keterangan Bebas COVID19

FOTO: Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyampaikan keterangan mengenai perkembangan COVID19 di wilayahnya di Masamba, Senin lalu.




CELEBESTERKINI.com, Masamba – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menempuh kebijakan lebih tegas dalam menanggulangi COVID19 di wilayahnya.

Kepada siapapun yang ingin memasuki wilayah itu, maka sejumlah persyaratan harus dipenuhi. Jika tidak, maka petugas jaga perbatasan akan meminta pendatang untuk putar haluan.

Pelaksana Harian Gugus Tugas COVID19 Luwu Utara, Muslim Muchtar, mengambil langkah-langkah antisipasi guna mencegah penyebaran covid-19 di Luwu Utara. “Kami sampaikan kepada warga, terutama yang akan mudik (pulang kampung), sebaiknya ditunda terhitung mulai 24 April – 31 Mei 2020. Pada setiap posko pencegahan covid-19 akan dilakukan pemeriksaan terhadap masyarakat dari luar daerah. Apalagi yang berasal dari daerah terpapar covid-19 dengan meminta menunjukkan surat keterangan sehat atau surat hasil rapid test yang menyatakan bahwa yang bersangkutan non reaktif (negatif) covid-19,” jelas Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD ini, Sabtu (2/4/2020) dalam keterangannya lewat lutrakab.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta warga yang ingin masuk ke Luwu Utara harus memperlihatkan kartu identitas berupa KTP serta harus jelas tujuannya apa dan hendak ke mana dalam wilayah Luwu Utara. “Mereka yang tidak dapat menunjukkan hal itu, maka diminta untuk kembali dan tidak dibolehkan masuk ke wilayah Luwu Utara,” imbuhnya.

Sementara itu data terbaru dari penanganan COVID-19 Lutra yang diperbaharui, Jumat (1/5/2020) malam, terdapat 149 ODP telah selesai menjalani pemantauan, sisanya 32 sementara dalam proses pemantauan.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kini jadi 16 orang. 10 orang telah dinyatakan negatif Covid-19 dan enam lainnya masih dalam perawatan. Adapun kasus positif Covid-19 sudah tiga orang. Satu orang positif saat ini masih dalam penanganan medis atau diisolasi di Makassar. Sementara dua lainnya dikarantina di rumah masing-masing atau di Kecamatan Bone-bone. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru