Jetpack
Hosting Unlimited Indonesia

Home / Olahraga

Kamis, 13 Februari 2020 - 19:36 WIB

Malawing, Legenda PSM yang Terlupakan dan Kini Sakit

FOTO: Malawing (KVS)

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Namanya tak setenar Ramang. Namun, Malawing tetaplah legenda PSM Makassar. Di era 70-an, dia menjadi palang pintu tersohor se nusantara. Kini, ia sakit dan terlupakan.

“Bola boleh lewat, tapi orangnya jangan harap,” katanya berseloroh suatu saat ketika masih aktif sebagai oficial PSM di medio tahun 2009. Ketika itu, wartawan CELEBESTERKINI adalah juga salah satu asisten manajer di PSM. Di PSM ketika itu, Malawing adalah oficial yang mengurusi bola yang dipakai latihan para pemain PSM.

Posisinya sebagai palang pintu membuat Malawing adalah orang terakhir sebelum pemain depan lawan berhadapan dengan kiper. Posisinya, jika tak sebagai stoper, maka dia adalah bek kanan. Posturnya yang tinggi besar sangat disegani lawan.

Namun, tubuh atletis nan menjulang itu kini telah rapuh. Sudah sekitar empat tahun legenda PSM Makassar yang sudah masuk usia 58 tahun ini berjuang melawan penyakit yang dideritanya. Ia hanya bisa terbaring lemas di kamar rumahnya di Jalan Abdul Dg Sirua, Kecamatan Panakkukang, Makassar. 

Seperti dilansir KOMPAS, sang istri, Suryani, mengaku suaminya sudah tidak bisa berjalan sejak Sabtu (8/2) lalu.  Suryani juga tidak mengetahui penyakit yang diderita Malawing.

Sejak empat tahun terakhir Malawing selalu mengeluh karena susah tidur.  “Sabtu (kemarin) sudah tidak bisa jalan. Terakhir dia bisa, jalan waktu Jumat dan sempat pergi ke masjid untuk shalat Jumat,” kata Suryani saat ditemui di kediamannya, Rabu (12/2). 

Suryani menuturkan, sejak empat tahun terakhir, Malawing rutin memeriksakan diri ke Rumah Sakit Wahidin Makassar setiap kali ia merasakan sulit tidur.
Namun, setiap kali berobat, suaminya hanya diberikan obat tidur oleh petugas medis rumah sakit. Sepekan belakangan, Malawing kembali diberi obat tidur tetapi kali ini jenisnya berbeda.  “Dari situ kakinya bengkak dan sudah tidak kuat jalan. Selama ini kami tidak tahu apa penyakitnya. Soalnya bapak pergi sendiri kalau periksa dan tidak pernah bilang apa penyakitnya,” tutur Suryani. 

Saat ini, Malawing sudah dibawa ke Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. Informasi mengenai penyakit yang diderita Malawing pertama kali disebarkan oleh Yosef Wijaya, rekannya sewaktu bermain di PSM Makassar. Yosef yang datang menjenguk Malawing kemudian memposting kondisi Malawing di media sosial dan kini viral di grup medsos pendukung PSM. 

CEO PT PSM Munafri Arifuddin juga turut bersimpati atas penyakit yang diderita mantan pemain timnas tersebut. Bantuan pun kini sudah diberikan PSM Makassar kepada mantan pemainnya itu. 

Malawing disebut sebagai bek kanan terbaik yang pernah dimiliki PSM Makassar. Dia pertama kali membela PSM di tahun 1972. Setelah lima musim membela PSM, dia kemudian pindah ke Niac Mitra di tahun 1977.

Selama lima musim di Niac Mitra, Malawing kembali berlabuh ke PSM di tahun 1982 dan menghabiskan karir di klub yang berjuluk laskar ayam jantan tersebut.  Di tahun 1974, Malawing juga sempat membela timnas Indonesia.

Semasa karirnya, Malawing memberikan trofi Kings Cup untuk PSM Makassar dan Soeharto Cup saat bermain di timnas.  Di Niac Putra, ayah tiga anak ini memberikan gelar juara Aga Khan Cup di tahun 1979. Cepat pulih sang legenda. (mg2)

Iklan
Iklan

Share :

Baca Juga

Olahraga

Satu per Satu Pergi, PSM Makassar Lepas Zulham

Olahraga

Ezra Digantung, PSM Gigit Jari

Olahraga

Pergilah…!!!! KLOK

Olahraga

Seharga 182 M, Ini Heli yang Membuat Kobe Meninggal

Olahraga

Helinya Jatuh, Legenda Basket Kobe Bryant Tewas

Olahraga

PSM Makassar Bantai Wakil Timor Leste 4 – 1