Tuesday 27 September 2022
spot_img

Makassar Larang, di Soppeng Masih Ditolerir

  • SEPEDA LISTRIK – Ia mengingatkan masyarakat yang terlanjur telah membeli agar tidak lagi digunakan di jalan raya apalagi diberikan kepada anak di bawah umur 17 tahun. (ilustrasi/ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Pihak Polrestabes Makassar mengambil langkah tegas dalam menyikapi maraknya penggunaan sepeda listrik di ruas Kota Makassar. Sepeda jenis ini langsung terkena ‘banned’ dengan dilarang dioperasikan di jalan raya.

Kasatlantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda menyebutkan jika kondisi tersebut sudah sangat meresahkan. Pasalnya, sudah ada yang terlibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Ia mengingatkan masyarakat yang terlanjur telah membeli agar tidak lagi digunakan di jalan raya apalagi diberikan kepada anak di bawah umur 17 tahun, seperti yang terlihat akhir-akhir ini muncul di ruas jalan Kota Makassar. “Untuk penggunaanya, harus senantiasa menggunakan helm dan berjalan pada kecepatan 10-15 kilometer per jam , yang pasti hanya boleh digunakan pada halaman rumah, kawasan komplek terbatas yang bukan jalan raya umum, dan kami berharap ini tidak dilanggar,” ujar Zulanda di Makassar, Kamis, 14 Juli 2022.

Selain itu, pihak Satlantas Polrestabes Makassar juga sudah mengimbau kepada distributor, penjual dan pengguna sepeda listrik tenaga baterai tersebut untuk tidak lagi memperjualbelikan maupun menggunakan sepeda tersebut di jalan raya umum. “Apabila dalam imbauan dan masa sosialisasi ini berakhir, dan kemudian tidak diindahkan maka akan dilakukan tindakan tegas terhadap pelanggar dan pelaku pidana tersebut,” lanjut Zulanda.

Saat Makassar memberlakukan larangan, pada sejumlah daerah sepeda jenis ini masih ditolerir keberadaannya. Salah satunya di Kabupaten Soppeng. Dalam beberapa bulan terakhir, penggunaan sepeda listrik marak terutama di Kota Watansoppeng.

Apalagi, setelah sejumlah warga melihat ini sebagai peluang bisnis. Sepeda listrik kemudian banyak disewakan di pelataran Masjid Daya Darussalam, Kota Watansoppeng. Saban hari terutama sore hari, puluhan sepeda listrik sewaan dan juga milik pribadi warga bersileweran di jalan jalan kota.

Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita, mengaku terus memantau perkembangan penggunaan sepeda listrik ini. “Sudah banyak disewakan di pelataran Masjid Raya. Kita terus memantau,” katanya, Rabu, 13 Juli 2022.

Santiaji menyebut pihaknya belum memberlakukan larangan . “Kami masih mentolerirnya. Tapi kami terus pantau, jika kondisinya berbahaya maka akan kami ambil tindakan,” tukasnya. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru