Tuesday 27 September 2022
spot_img

Legislator Makassar Ini Bilang Ketua RT/RW Jangan Hanya Ngintip di Rumah Kost, Tapi..

RUMAH KOST DI MAKASSAR – Pengawasan terhadap operasional ribuan rumah kost di Makassar yang minim memicu timbulnya masalah lain. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Anggota DPRD Kota Makassar, H Muchlis A Misbah mengkhwatirkan pengawasan terhadap operasional ribuan rumah kost di Makassar yang minim memicu timbulnya masalah lain.

Ia meminta kepada aparat pemerintah di bawah seperi Ketua RT/RW untuk pro aktif melakukan pengawasan. “Tugas utama dari RT RW dan proaktif masyarakat adalah memantau rumah kost di wilayahnya, bukan mengintip yang ada di dalam, tapi minimal mengetahui siapa dan dari mana saja yang ada di dalam rumah kost tersebut,” terangnya, bebera waktu lalu.

Ia menilai peraturan daerah Pengelolaan Rumah Kost di Makassar sangat penting untuk diketahui karena mengatur tentang hak dan kewajiban pemilik kost, penghuni kost serta masyarakat setempat.

Legislator Hanura dari Dapil 1 (Kecamatan Rappocini, Makassar dan Ujung Pandang) mencontohkan di Kecamatan Ujungpandang yang memang banyak berdiri rumah kost. “Karena di kecamatan ujungpandang banyak rumah kost yang dibangun, maka untuk menjaga atau menghindari hal-hal negatif yang ditumbulkan, maka Perda ini sangat penting untuk dipahami regulasinya karena didalamnya mengatur tentang pemilik rumah kost dan penghuni kost,” kata Muchlis.

Muchlis A. Misbah

Anggota Komisi C DPRD Makassar itu juga mengajak masyarakat dan peran RT/RW untuk terlibat dalam melakukan pengawasan, karena rumah kost yang tidak mendapatkan pengawasan banyak hal negatif yang bisa terjadi, seperti perbuatan asusila, narkotika serta perbuatan lainnya yang melanggar norma agama.

Oleh karena itu, dirinya pun meminta kepada Pemeritah Kota Makassar untuk serius menangani Perda tentang pengelolaan rumah kost guna menambah pendapatan asli daerah (PAD) kota Makassar kedepan. “Regulasi ini menjadi acuan bagi pemerintah untuk menarik pajak daerah dari Perda pengelolaan rumah kost. Sehingga, penyebarluasan perda ini wujud dari upaya meningkatkan PAD kita,” cetusnya. (*/sah)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru