Saturday 10 December 2022
spot_img

Kolesterol Anda Tinggi, Ini Tandanya

TEST KOLESTEROL – Kolesterol merupakan sebuah hal yang kadang setiap orang ingin menghindarinya, karena kolestrol ini dapat menyebabkan beberapa penyakit yang akan menyerang manusia. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, ada beberapa gejala fisik yang menunjukkan indikasi tingginya kolesterol dalam tubuh.

Hal ini dimaksudkan agar Anda memperingatkannya untuk segera diatasi, untuk meminimalisir bahaya yang dapat disebabkan karena kadar kolesterol tinggi.

Perlu Anda ketahui juga jika kolestrol merupakan sebuah hal yang kadang setiap orang ingin menghindarinya, karena kolestrol ini dapat menyebabkan beberapa penyakit yang akan menyerang manusia.

Mengontrol kadar kolesterol dalam darah harus menjadi perhatian semua orang. Sebab dengan memiliki kadar kolestrol yang normal akan menghindarkan dari risiko sakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Seperti dilansir dari laman Express yang dimuat di laman PMJNews.com. Berikut empat gejala fisik yang dirasakan ketika kadar kolesterol tinggi.

  1. Sering kesemutan

Gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu membuat tangan dan kaki terasa kesemutan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah di saraf dan menyebabkan kesemutan.

  1. Sakit di tangan dan kaki

Penyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus-menerus dan membuat tangan serta kaki sakit.

  1. Sakit kepala di belakang kepala

Penyumbatan pembuluh darah di daerah sekitar kepala menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala. Ini terjadi ketika pembuluh darah tersumbat oleh plak kolesterol. Jika ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke.

  1. Nyeri dada di sisi kiri

Nyeri dada terutama di sisi kiri menandakan penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan bisa menimbulkan rasa sakit. Terkadang rasa sakitnya bahkan bisa menjalar ke leher.

Sementara Mayo Clinic melaporkan bahwa faktor risiko kolesterol tinggi meliputi beberapa hal. Di antaranya adalah diet yang buruk, kegemukan, kurang olahraga, merokok, usia, dan diabetes. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru