Saturday 10 December 2022
spot_img

KemenparEkraf Tunjuk Nurmal Idrus Sebagai Koordinator Surveyor Sisparnas Sulsel

  • SISPARNAS – Akademisi yang juga konsultan politik Dr. Nurmal Idrus, MM, ditunjuk memimpin survey nasional kepariwisataan yang digelar KemenparEkraf RI. Survey itu akan menyasar seluruh segmen pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulsel. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KemenparEkraf) RI, saat ini tengah menggelar survey nasional bidang pariwisata.

Hasil survey yang akan merangkum potensi pariwisata seluruh Indonesia itu nantinya akan disatukan dalam sebuah aplikasi bernama Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (Sisparnas).

Khusus Sulsel, kementerian di bawah kendali Sandiaga Uno ini menunjuk Direktur Nurani Strategic, Dr. Nurmal Idrus, MM, sebagai koordinator survey. Nurmal yang selama ini dikenal malang melintang di dunia penelitian Sulsel, akan mengendalikan 48 surveyor yang bertugas di semua kabupaten/kota di Sulsel.

Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel, M. Devo Khadaffi, membenarkan penunjukan mangan Ketua KPU Makassar itu. “KemenparEkraf menetapkan beliau (Nurmal Idrus) sebagai pengendali survey besar ini. Kita mendukung itu karena memang beliau layak untuk tanggung jawab ini,” katanya.

Nurmal nantinya akan mengkoordinasikan ribuan komponen data kepariwisataan di Sulsel, mulai dari akomodasi pariwisata, restoran, daerah tujuan wisata, ekonomi kreatif hingga data yang berkaitan dengan aksesibilitas pariwisata seperti ketersediaan bandara, pelabuhan, terminal dan kelayakan akses jalan menuju daerah tujuan wisata.

Dikonfirmasi, tadi malam, Nurmal mengakui telah menerima SK posisi itu. “Komunikasinya telah beberapa bulan lalu lewat Dinas Pariwisata Sulsel. Saya mengambil tanggungjawab itu karena melihat strategisnya output dan outcome yang bakal dihasilkan survey ini untuk pariwisata nasional. Semoga bisa dijalankan dengan baik,” tukasnya. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru